• FYI

    09 Desember 2021

    Mantap! Tim Mahasiswa FISIP Unigal Raih Juara 2 Debat Government Day 2021 se-Jawa Barat


    Tim debat yang terdiri atas 3 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Galuh berhasil meraih posisi runner-up dalam Lomba Debat Government Days se-Jawa Barat yang digelar secara daring oleh Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), 7-8 Desember 2021.

    Tim debat perwakilan FISIP Unigal yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri atas Ary Mustamiin Muadz, Nida Nur Aisyah, dan Ihsan Nuralim. Ketiganya harus mengajukan dan mempertahankan argumentasi di dalam debat yang mengambil tema “Integrasi Mahasiswa dalam Berinovasi demi Mewujudkan SDGS saat Pandemi Covid-19”.

    Diungkapkan Ihsan Nuralim, keberhasilan Tim Debat FISIP Unigal dalam lomba ini tak lepas dari perjalanan panjang untuk meraihnya, terlebih dalam hal persiapan pra debat dengan menggali berbagai referensi yang dibutuhkan. Sebagaimana diketahui, pengajuan argumentasi dalam debat tak akan memiliki makna jika tidak didukung oleh sumber referensi yang jelas dan kuat.

    Pelaksanaan debat sendiri diwarnai oleh banyaknya mosi. Istilah mosi di dalam debat mengacu pada pernyataan dalam bentuk satu kalimat utuh, yang terdiri atas subjek, predikat dan objek, yang menjadi bahan perdebatan.


    “Ini bukan debat kusir, karena membahas banyak hal yang serius. Kemenangan ini melalui proses yang panjang, terutama dalam mencari referensi tentang materi yang diperdebatkan,” ucap Ihsan Nur Alim.

    Tim-tim debat beradu argumentasi secara sengit mengenai berbagai isu, di antaranya tentang pemindahan ibukota RI ke Kalimantan Timur, Kartu Prakerja, sanitasi, food estate, Kampus Merdeka, dan kuota pendidikan. Tak hanya itu, pemberlakuan PPKM level 3, pembentukan komponen cadangan, dan libur Nataru, juga menjadi bahan yang diperdebatkan.

    Setelah sempat menghadapi tim dari PTN ternama di Jabar, dan melewati debat yang cukup memanas dengan tim dari Universitas Garut di babak final, akhirnya Tim Fisip Unigal berhasil meraih juara kedua, sebagai persembahan prestasi terbaik bagi almamater dan warga Ciamis.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi