• FYI

    17 Januari 2022

    Angin Kencang dan Hujan Deras Landa Rancah, Genting Rumah Warga Beterbangan


    Hujan deras yang disertai angin kencang melanda kawasan Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, pada hari Senin (17/1/2022) sekitar pukul 15.30 WIB. Cuaca ekstrim ini menyebabkan cukup banyak pohon bertumbangan di berbagai titik dan menimbulkan kerusakan. Selain menyebabkan aliran listrik padam, yang kemungkinan disebabkan adanya pohon yang menimpa kabel jalur Rancah-Sukadana, terdapat pula pohon yang melintang dan menutup lalu lintas kendaraan di jalan desa.


    Saeful, warga Dusun Pangrumasan, kepada CIAMIS.info menyampaikan, begitu kencangnya angin puting beliung yang melanda lokasi tersebut, menyebabkan beberapa genting rumahnya beterbangan.

    “Anginnya kencang sekali, di rumah saya gentingnya pada terbang, dan banyak tempat lain yang terkena akibat puting beliung ini,” tuturnya.

    Beberapa tempat yang terkena bencana angin kencang ini di antaranya daerah Cibueuk, tanjakan makam Bihbul, dan tanjakan Cipala.

    Akun @inforancah turut melaporkan robohnya pohon yang menimpa rumah Kepala Dusun Cileungsir, dan beberapa tempat lain juga ikut mengalami terjangan angin kencang pada sekitar pukul 15.15 WIB.

    Hingga info ini dipublikasikan, tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa yang ditimbulkan bencana angin puting beliung, tetapi di berbagai tempat terdapat kerusakan material yang belum dapat dihitung besarannya.


    Segera setelah kejadian angin kencang dan hujan deras berlalu, warga setempat langsung melakukan evakuasi pohon tumbang dan pembersihan. Pihak pemerintah desa dan babinsa sudah tampak hadir di lapangan dan ikut bahu membahu menanggulangi akibat bencana.

    “Mohon doanya dari semua, semoga kondisi kampung kami segera pulih kembali,” pungkas Saeful.

    Kontributor: @saeful_dji, @inforancah
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi