• FYI

    22 Januari 2022

    Ditemukan di Selokan Dekat Kampus Unigal, Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Dievakuasi Petugas Damkar Ciamis


    Petugas Pemadam Kebakaran Ciamis berhasil mengevakuasi seekor ular sanca dengan panjang lebih kurang 3 meter dari sebuah selokan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, tepatnya di area depan kampus Universitas Galuh Ciamis, Sabtu (22/1/2022).

    Penemuan ular tersebut dimulai pada sekitar pukul 17.00 WIB, saat hujan baru saja reda. Eno, salah seorang warga setempat, yang melihat pertama kali kehadiran ular berukuran cukup besar ini. Ular tersebut kemudian terlihat masuk ke dalam pipa di selokan, dan warga tidak ada yang sanggup melakukan evakuasi.

    Warga kemudian berinisiatif melaporkan penemuan tersebut kepada pihak Damkar Kabupaten Ciamis. Petugas yang datang kemudian segera melakukan evakuasi dengan menggunakan tangga dan turun ke lokasi terlihatnya ular. Pada sekitar pukul 17.42 WIB, ular sanca tersebut dapat dievakuasi.

    Harap berhati-hati dan tetap waspada di musim hujan saat ini. Selain adanya potensi bencana karena cuaca ekstrim, juga ternyata terdapat pergerakan makhluk hidup di lokasi-lokasi tertentu, seperti kemunculan ular sanca yang terjadi di dekat kampus Unigal ini.

    Meskipun dikenal tidak berbisa, tetapi ular sanca tetap memiliki kemampuan yang berbahaya bagi manusia. Mengutip pendapat Amir Hamidy, peneliti LIPI (detikcom, 8/7/2020), ular sanca dengan panjang 3 meter jika di-handling oleh orang yang tidak berpengalaman, akan berbahaya.

    Belitan ular sanca, yang merupakan bagian dari keluarga Pythonidae, cukup kuat. Jika ditangani hanya oleh satu orang dewasa akan cukup merepotkan, bahkan disebut Amir tidak memungkinkan, kecuali oleh seorang yang sudah benar-benar berpengalaman dan tahu perilakunya.

    Jika lilitan mengenai seorang bocah atau anak-anak, risiko yang ditimbulkannya akan lebih berbahaya, dan bahkan dapat mematikan. Namun demikian, potensi bahaya ini sebaiknya disikapi dengan menyerahkan penanganannya pada pihak yang berkemampuan dan terlatih secara profesional.

    Warga Ciamis yang menemukan kehadiran ular atau hewan berbahaya yang perlu dievakuasi, dapat menghubungi Damkar Ciamis melalui nomor telepon Mako Ciamis (0265) 772993, WMK Kawali (0265) 7513578, WMK Rancah (0265) 7486484, dan WMK Banjarsari (0265) 2666985.

    Kontributor: @fachrulnurfajar
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi