• FYI

    27 Januari 2022

    Terpaut Hanya Beberapa Detik, Warga Ciamis ini Lolos dari Tertimpa Pohon Tumbang


    Peristiwa hujan deras yang disertai angin kencang pada hari Selasa (25/1/2022) di wilayah kota Ciamis dan sekitarnya telah menyebabkan tumbangnya cukup banyak pohon perindang yang terletak di berbagai titik lokasi pinggir jalan.

    Selain jatuh ke atas badan jalan dan menghalangi lalu-lintas, beberapa pohon juga menimpa bangunan, kabel, bahkan kendaraan yang sedang diparkir. Beruntung, tidak dilaporkan adanya korban jiwa pada peristiwa hujan deras dan angin kencang ini.

    Bagi Indrya Herdyawan Putri, salah seorang warga Ciamis, kejadian sore itu masih menyisakan rasa kaget luar biasa dan membekaskan ingatan yang kuat. Betapa tidak, ia dan rekannya melewati lokasi di mana pohon tumbang, yang jika terlambat sedikit saja berbelok, pohon tersebut dapat menimpa kendaraan yang ditumpanginya.


    Saat itu, sekitar pukul 15.42 WIB, ia dan rekannya baru saja mengunjungi Kantor BKPSDM Ciamis dan sedang dalam perjalanan pulang menuju Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis yang terletak di Jl. Iwa Kusumasumantri, Ciamis.

    Indrya yang sempat mengabadikan perjalanannya melalui video, menyebut cuaca sore itu seperti berkabut, dan kemudian melihat sapuan angin kencang menyertai hujan deras di jalan yang akan dilalui. Beberapa kendaraan juga tampak menyalakan lampu, di tengah hujan deras dan jarak pandang yang terbatas.

    Awalnya ia tak menyadari ada pohon yang tumbang, dan baru mengetahui hal itu setelah diberitahu oleh teman kerja di kantornya, bahwa ada pohon tumbang persis di dekat pintu gerbang untuk akses masuk ke Dinas Pariwisata.

    “Kita ga ngeuh, ga tau pohon itu mau tumbang, cuman pas turun dari mobil, dari orang kantor bilang, pas di gerbang banget pohonnya tumbang,” tuturnya pada CIAMIS.info.

    Ia merasa bersyukur selamat, sebab sudah sampai di tujuan meski hanya terpaut beberapa detik dari peristiwa tumbangnya pohon tersebut. Kendaraan yang ditumpanginya sempat melewati sebuah minibus berwarna merah yang sedang diparkir di pinggir jalan. Mobil tersebut tertimpa pohon yang tumbang, dan kaca bagian belakangnya tampak pecah.


    “Saya syok banget, alhamdulillah masih ditangtayungan (dilindungi). Ga tau lagi kalau telat berbelok, amit-amit, ya Allah …,” imbuh Indrya.

    Tak lama setelah peristiwa robohnya pohon di lokasi tersebut, dan saat hujan mulai mereda, petugas dari dinas instansi terkait, baik Pusdalops BPBD Ciamis, Damkar Ciamis, DPRKPLH Ciamis, dan lainnya, mulai berdatangan untuk melakukan evakuasi pohon tumbang dan membersihkan jalan agar dapat kembali dilalui oleh arus lalu-lintas kendaraan.

    Video: @indryahp96
    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi