• FYI

    17 Maret 2022

    Bupati Herdiat: Musrenbang RKPD Tidak Sekadar Agenda Rutin Pemenuhan Regulasi


    Mursenbang RKPD (Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Ciamis tahun 2023 digelar Pemerintah Kabupaten Ciamis, Kamis (17/3/2022), bertempat di Aula Bappeda Ciamis,

    Agenda kegiatan rutin tahunan ini diikuti oleh unsur Fokopimda Kabupaten Ciamis, seluruh OPD di lingkup Pemkab Ciamis, lembaga dan organisasi masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis, pimpinan daerah kabupaten/kota tetangga, Komite Perencanaan, instansi vertikal pemerintah, unsur perguruan tinggi, dan BUMN/BUMD di wilayah kerja Ciamis.

    Musrenbang RKPD berlangsung secara hybrid, yakni daring dan luring, serta dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya yang berada di tempat terpisah, Ruang Vidcon Pendopo Ciamis.

    Bupati Herdiat dalam sambutannya mengungkapkan, Musrenbang RKPD merupakan agenda tahunan yang pelaksanaannya diamanatkan oleh UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Hasil kegiatan ini nantinya menjadi masukan penting untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2023.


    "Musrenbang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 yang sebelumnya telah diawali dengan kegiatan Musrenbang di tingkat desa, forum konsultasi publik, musrenbang di kecamatan, dan forum perangkat daerah yang melibatkan segenap stakeholders pembangunan," tutur Bupati Herdiat.

    Ia berharap Musrenbang RKPD tidak sekadar menjadi agenda rutin pemenuhan regulasi, tetapi benar-benar menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang memberi manfaat bagi kesejahteraan rakyat. Dikatakannya, Pemkab Ciamis terus berupaya meningkatkan kinerja agar menjadi lebih baik dari tahun ke tahun.

    Bupati Herdiat menyebut, berbagai prestasi dan penghargaan telah berhasil diraih oleh Pemkab Ciamis, di antaranya “Predikat Kepatuhan Tinggi terhadap Standar Pelayanan Publik” dari Ombudsman RI, dan opini WTP selama 8 kali berturut-turut dari BPK RI.


    “Tentunya prestasi dan penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama, tetapi dengan adanya prestasi dan penghargaan yang telah diraih, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan menumbuhkan etos kerja,” ujar Bupati Herdiat.

    Ia mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada semua unsur penyelenggara pemerintahan, para pemangku kepentingan, dan seluruh masyarakat yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Ciamis.

    Sekretaris Daerah Dr. H. Tatang M.Pd. pada kesempatan yang sama menyampaikan, tujuan kegiatan adalah untuk membahas dan menyempurnakan rancangan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2023, di antaranya menyepakati prioritas pembangunan daerah dan menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator kinerja, serta lokasi.

    Kegiatan Musrenbang RKPD secara resmi ditutup pada penghujung acara di hari yang sama oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra.

    Sumber: Prokopim Ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi