• FYI

    03 April 2022

    Beribadah Lebih Leluasa karena Pandemi Melandai, Jamaah Antusias Ikuti Salat Tarawih Pertama di Masjid Agung Ciamis


    Umat Islam di Indonesia, termasuk di Kabupaten Ciamis, mulai memasuki bulan suci Ramadan 1443 Hijriah saat azan maghrib berkumandang pada hari Sabtu (2/4/2022). Hal ini setelah ditetapkannya hari Ahad (3/4/2022) sebagai hari pertama berpuasa berdasarkan keputusan pemerintah melalui Kemenag RI.

    Sebagaimana diketahui, penanggalan hijriah dimulai pada saat pergantian siang ke malam, dan dengan demikian maka Sabtu malam (2/4/2022) menjadi malam pertama pelaksanaan salat tarawih. Sebagai catatan, terdapat sebagian dari kaum muslimin yang telah menjalankan saum pada hari Sabtu dan melaksanakan salat tarawih pertama pada Jumat (1/4/2022) malam.

    Masjid Agung Ciamis mulai menggelar salat tarawih pada hari Sabtu malam (2/4/2022), menyesuaikan dengan terbitnya keputusan pemerintah tentang penetapan 1 Ramadan. Pelaksanaan salat tarawih pada bulan suci tahun ini berlangsung dalam suasana yang lebih longgar jika dibandingkan dua tahun sebelumnya.


    Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 telah memaksa diberlakukannya pembatasan dalam berbagai kegiatan yang mengumpulkan warga dalam jumlah banyak, untuk mencegah penularan virus corona. Kegiatan salat tarawih pun sempat menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk menjaga jarak di antara para jamaah, selain dari penggunaan masker, membawa peralatan salat masing-masing, dan anjuran cuci tangan.

    Saat ini, seiring dengan penurunan angka kasus Covid-19, baik di tingkat nasional maupun lokal, pemerintah telah memberi izin untuk melaksanakan salat berjamaah dan aktivitas pengajian dengan lebih leluasa, yakni membolehkan penghapusan pembatasan jarak yang selama ini berlaku. Senada dengan hal itu, MUI pun telah memberi arahan untuk mengembalikan saf salat menjadi rapat kembali seperti masa sebelum pandemi. Namun demikian, pelaksanaan salat tarawih di Masjid Agung Ciamis masih tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

    Kegiatan dimulai dengan salat isya berjamaah dan dilanjutkan beberapa sambutan dan pengumuman. Turut hadir pada kesempatan ini, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Dr. H. Wawan S. Arifien, M.M., dan tak kurang dari ratusan jamaah kaum muslimin, baik laki-laki maupun perempuan, yang antusias menghadiri salat tarawih pertama di bulan puasa pada tahun 2022 ini.


    Sebelum pelaksanaan salat tarawih, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Dr. H. Wawan S. Arifien, M.M., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur bahwa pelaksanaan salat tarawih di Masjid Agung Ciamis pada tahun ini dapat dilaksanakan dengan lebih leluasa.

    Senada dengan pernyataan Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, dalam sambutannya mengajak jamaah salat tarawih untuk memanjatkan rasa syukur atas kondisi saat ini yang dinilai sudah lebih baik.

    “Kita bersyukur pada tahun ini dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih leluasa, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena menurunnya kasus Covid-19, tapi kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

    Salat tarawih pertama pada bulan Ramadan 1443 H yang berlangsung di Masjid Agung Ciamis berlangsung dengan lancar dan khidmat, diikuti tak kurang dari ratusan jamaah umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan, tua dan muda, yang berasal dari sekitar kota Ciamis dan sekitarnya. Pelaksanaan salat dipimpin oleh Ustaz Ade Fajar, S.Pd., yang bertindak sebagai imam. Sementara itu, Ustaz Turiwan, S.Pd., bertugas sebagai biskal.

    Sumber: @masjid_agungciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi