• FYI

    22 April 2022

    Peroleh Nilai Tertinggi, Grup Ki Pamanah Rasa Ciamis Raih Juara Pertama Festival Gamelan KiaiKanjeng


    Kabar menggembirakan datang dari Sakola Motékar, sebuah sekolah non formal yang berlokasi di Kampung Cibunar, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

    Grup gamelan Ki Pamanah Rasa, yang berasal dari sekolah tersebut, berhasil meraih prestasi tertinggi dan membanggakan, yakni menjadi Juara Pertama pada Festival Online Gamelan KiaiKanjeng yang diselenggarakan oleh Gamelan KiaiKanjeng Yogyakarta, pada rentang waktu 20 Januari hingga 24 Maret 2022.

    Pengumuman dan pemberian hadiah festival musik yang mensyaratkan peserta untuk mengangkat kekuatan unsur gamelan tersebut, berlangsung di Yogyakarta, Minggu (17/4/2022), dan dihadiri langsung oleh budayawan kondang yang lekat dengan Gamelan KiaiKanjeng, yaitu Emha Ainun Nadjib, akrab dipanggil Cak Nun atau Mbah Nun.

    Grup Ki Pamanah Rasa diwakili oleh Kahlil, penabuh saron cilik, yang khusus hadir ke kota gudeg Yogyakarta untuk mengikuti acara penyerahan penghargaan atas pencapaian dalam festival tersebut.

    Sebelumnya, Grup Ki Pamanah Rasa dari Ciamis harus berjuang dalam kompetisi bersama grup-grup lainnya dari berbagai kota, di antaranya Kakang Kawah dari Malang yang meraih Juara 2, Punjul Bawono dari Tuban (Juara 3), Suma Budhaya dari Pekalongan (Juara 4), dan Panembahan Band Jowo dari Malang (Juara 5).


    Penilaian ditentukan oleh para juri berdasarkan beberapa aspek, yakni: kepantasan audio, video (kualitas/konsep), aransemen/interpretasi lagu, dan tentunya vokal.

    Grup Ki Pamanah Rasa mengirimkan karya video berupa interpretasi atas lagu KiaiKanjeng yang berjudul “Marhaban” dan “Semau maumu”. Karya grup dari Ciamis ini mendapat total nilai 522,7 dan menjadi yang terbaik dari seluruh peserta festival.

    Pendiri Sakola Motékar Denny Wahyu Jayadi, akrab disapa Deni Weje, kepada CIAMIS.info mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi yang diraih oleh Ki Pamanah Rasa.

    “Prestasi ini menjadi pemecut bagi Ki Pamanah Rasa agar lebih giat lagi berproses dalam mempersembahkan tontonan yang mengandung tuntunan, membahagiakan, dan menggembirakan sesama, tapi tetap berisi nilai-nilai,” tuturnya.

    Ditambahkannya, berbagai pihak ikut terlibat dalam memancing kreativitas masyarakat, terutama dalam kesenian dan kebudayaan.

    Grup Ki Pamanah Rasa terdiri atas Dani 'Ebél' Jamaludin (gitaris, vokalis, komposer, leader), Adi (basis), Deni NS (kendang), Gerry (saksofon/kacapi), Hanifan (suling), Umay ‘Wolf’ (drum), M. Rizky (Bonang), serta Kahlil dan Nabil (keduanya pada saron). Sementara itu, Mira, Delpa, dan Rijal, ketiganya tampil sebagai vokalis.

    Source: @deniweje
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi