• FYI

    21 Mei 2022

    Kehilangan Kendali, Bus Rombongan Peziarah Seruduk Rumah Penduduk di Jalur Panjalu-Panumbangan


    Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan raya Panjalu-Panumbangan, tepatnya di wilayah Dusun Paripurna, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, pada hari Sabtu (21/5/2022) sore. Warganet Sarip menuturkan kepada CIAMIS.info, ia melewati lokasi kejadian pada sekitar pukul 17.30 WIB dan sempat mengambil gambar suasana sesaat setelah peristiwa lakalantas maut tersebut terjadi. Tampak dalam video yang diambilnya, suasana panik dan kacau setelah bus pariwisata yang berpenumpang yang melaju dari Panjalu menuju ke arah Suryalaya itu kehilangan kendali dan menabrak rumah penduduk di pinggir jalan.

    Terlihat tubuh korban yang tergeletak di jalan, dan masih terdapat para penumpang bus yang sedang berusaha keluar dari pintu belakang, bahkan melalui kaca belakang. Bus pariwisata berukuran besar tersebut sebagian badannya masuk ke dalam rumah penduduk, dan terdengar teriakan-teriakan yang mungkin berasal dari penumpang atau warga setempat.


    Menilik hebatnya kerusakan pada beberapa kendaraan dan rumah penduduk, yang disebabkan oleh tumbukan bus yang sedang mengangkut penumpang tersebut, dapat diperkirakan bahwa kendaraan tersebut melaju dengan cukup kencang, terlebih kondisi lokasi yang merupakan turunan/tanjakan yang dikenal penduduk sebagai Tanjakan Pari. Meski terdapat dugaan awal rem blong sebagai penyebab, kejelasan mengenai kronologis kejadian akan bersandar pada rilis resmi pihak berwenang.

    Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, dikutip detikjabar (Sabtu, 21/5/2022 22.12 WIB) menyebut, Bus PO Pandawa datang dari arah utara atau Panjalu menuju arah selatan atau Panumbangan, dan di TKP menemui jalan menurun. Bus tersebut kemudian sempat menabrak sebuah microbus yang sedang behenti di pinggir jalan (sebelah kiri), lalu menabrak lagi sepeda motor dan kendaraan boks yang sedang melaju dari arah berlawanan. Kendaraan tersebut lalu terhenti setelah menyeberang ke kanan dan menabrak rumah warga setempat.

    Sumber yang sama menyebut, terdapat 4 orang meninggal dunia, yang terdiri atas dua warga Desa Payungsari Panumbangan (Ciamis), satu warga Pagerageung (Tasikmalaya), dan seorang penumpang bus yang merupakan warga Balaraja, Tangerang. Sementara itu, puluhan orang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka. Saat berita ini mulai diunggah, penanganan korban masih dilakukan di Puskesmas Payungsari dan Puskesmas Panjalu. Terdapat pula korban luka berat yang dirujuk ke Rumah Sakit dr. Soekardjo Tasikmalaya untuk penanganan lebih lanjut. Jumlah korban secara pasti masih memerlukan konfirmasi susulan.

    Data yang dirilis, mengutip penjelasan Kasubag TU Puskesmas Payungsari Gaga Nugraha, puskesmas tersebut menerima 48 orang korban kecelakaan, dengan rincian 7 orang di antaranya mengalami luka berat dan membutuhkan tindakan medis lanjutan, sementara sisanya luka ringan sehingga dapat dipulangkan ke pihak keluarga. Tiga korban luka-luka masih dirawat di Puskesmas Payungsari, termasuk salah seorang di antaranya merupakan pemilik rumah yang ditabrak bus.

    Rilis Dishub Jabar (Minggu, 22/5/2022) menyebut, kronologis kecelakaan lalu lintas ini berawal dari kendaraan Hino Bus PO Pandawa bernopol DK 7307 WA yang sedang membawa 47 orang penumpang, dan melaju dari arah utara (Panjalu) menuju ke arah selatan (Panumbangan), kehilangan kendali saat jalan menurun. Kendaraan tersebut menabrak Mitsubishi Fuso Microbus D 7838 AN yang sedang parkir di pinggir jalan (posisi di sebelah kiri), lalu menabrak kendaraan Suzuki Karimun Z 1721 MP yang berada searah di depannya, dan kemudian diduga oleng ke kanan, sehingga bertabrakan dengan kendaraan Suzuki Carry Futura Box E 8851 VK dan 2 sepeda motor. Tak hanya itu, juga menabrak 4 rumah beserta 2 sepeda motor yang sedang terparkir.

    Sumber lain menyebut, bus pariwisata PO Pandawa sedang mengangkut rombongan peziarah dari Balaraja, Tangerang, dan baru saja mengunjungi obyek wisata Situ Lengkong Panjalu. Para peziarah anggota jamaah pengajian ini sebelumnya telah mengunjungi lokasi ziarah di Cirebon, singgah di Situ Lengkong Ciamis, dan rencananya akan menuju ke Pamijahan, tetapi nahas mengalami kecelakaan di Dusun Paripurna, Desa Payungsari, Panumbangan.

    Kontributor: @_sarip.kanghumpreyy
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi