• FYI

    25 Agustus 2022

    Jadi Barber Perempuan Pertama di Kota Ciamis, Riaa Nurjannah Beri Pengalaman Berbeda pada Konsumen


    Sekilas, tak ada yang istimewa dari keberadaan jasa pangkas rambut yang satu ini. Warga kota Ciamis dan sekitarnya akan menemukan lokasi D’Rizal Barbershop jika melewati jalur bundaran Galuh yang menuju ke arah Terminal Ciamis.

    Sebagaimana jasa pangkas rambut yang lain, barbershop ini menyediakan jasa potong rambut untuk konsumen atau para pelanggannya. Setiap harinya, D'Rizal Barbershop buka pagi hari mulai pukul 09.00 WIB, dan beroperasi sampai dengan pukul 21.00 WIB di malam harinya.

    Namun, ada yang istimewa dari pelayanan yang disediakannya. D’Rizal Barbershop memiliki dua tenaga pangkas rambut atau barber, dan salah satunya perempuan. Hal ini terbilang baru dan unik, bahkan bisa dibilang pertama kalinya di wilayah kota Ciamis.

    Barber perempuan itu bernama Riaa Nurjannah, gadis berjilbab kelahiran 2004 yang berasal dari Ciparay, Sukadana. Ia mengaku belum lama bergabung di D’Rizal Barbershop, dan baru saja menyelesaikan sekolah barber.

    “Ini sesuatu yang baru bagi saya, dan bagi Ciamis, dengan adanya tukang pangkas rambut perempuan,” tuturnya pada CIAMIS.info.


    Meski sempat dihinggapi sedikit rasa kuatir, Ria, mengaku sangat senang dalam menjalani profesinya. Ia juga semakin bersemangat saat menyaksikan tanggapan para customer yang merasa puas atas pelayanan potong rambut yang diberikannya.

    Menurutnya, pengalaman konsumen laki-laki yang dipangkas rambut oleh barber perempuan juga merupakan hal yang masih baru di Ciamis. Sejauh ini, menurut penglihatannya, pelayanan pangkas yang sepenuhnya secara profesional tersebut mendapat tanggapan yang baik.

    “Banyak customer kami yang senang, karena ini tidak seperti biasanya, dan mereka bisa merasakan perbedaan dari yang pernah mereka temui sebelumnya,” imbuh Riaa.

    Ia mengaku, motivasi terkuat untuk terjun ke dunia kerja yang unik ini didorong oleh keinginan untuk membantu perekonomian keluarga. Karenanya, meski ini merupakan pengalaman yang baru, Riaa berharap dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

    D’Rizal Barbershop saat ini menggunakan dua tenaga barber, yakni dirinya, sebagai satu-satunya tenaga perempuan, dan satu lagi laki-laki dan merupakan pemilik usaha tersebut.

    Pengunjung yang penasaran dengan pelayanan barbershop ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 untuk potong rambut, yang sudah mencakup pijit dan cuci rambut sesudahnya.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi