• FYI

    19 September 2022

    Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Semi Permanen di Banjaranyar Hangus Dilalap Api


    Satu unit rumah semi permanen yang berlokasi di RT 005 RW 004 Dusun Purwasari, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, mengalami musibah kebakaran pada hari Senin (19/8/2022) sore. Rumah berukuran 5 x 8 meter tersebut merupakan kediaman keluarga Sarimun (80), salah seorang warga setempat yang tercatat bekerja sebagai buruh harian lepas. Diduga, kebakaran ini dipicu oleh terjadinya korsleting listrik.

    Terjadinya kebakaran pertama kali diketahui oleh salah seorang warga yang melihat munculnya si jago merah pada sekitar pukul 16.05 WIB. Hal tersebut sangat mengagetkan sekaligus mengkhawatirkan, karena diketahui pemilik rumah sedang dalam keadaan sakit.

    Istri Sarimun yang bernama Wagirah pulang dari acara kondangan dan melihat api telah menyala di rumahnya. Ia lalu berteriak memanggil warga sekitar, dan kemudian segera dilakukan evakuasi terhadap pemilik rumah yang sedang berada di kamar mandi.


    Warga kemudian melaporkan kejadian ini kepada pihak pemerintahan Desa Cigayam. Sekdes Cigayam Sutisna selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada Pos WMK (Wilayah Manajemen Kebakaran) Banjarsari untuk mendapatkan bantuan penanganan.

    Petugas pemadam kebakaran pada Pos WMK Banjarsari menerima laporan tersebut pada pukul 16.24 WIB dan segera menerjunkan tim ke lokasi. Tempat Kejadian Kebakaran (TKK) berhasil dicapai petugas dengan response time 10 menit.

    Penanganan kejadian dilakukan oleh petugas regu piket yang terdiri atas Dikri Nur Dena Tama, Tian Andiana, Rahmat Pujianto, dan dibantu oleh anggota siaga Uju Suparman.

    Tim berangkat menggunakan kendaraan 1 unit pancar nopol Z 9915 V, dengan mendapatkan dukungan anggota yang bersiaga di pos WMK Banjarsari, yakni Icep Saepul Azhar dan Bintang Nur Alam.


    Para petugas Damkar Ciamis selanjutnya melakukan pemadaman api dan pendinginan di lokasi kebakaran. Kondisi rumah yang terbakar mengalami kerusakan parah dan ditaksir menyebabkan kerugian materil sekitar Rp. 50 juta.

    Seusai melakukan pendataan dan melakukan sosialisasi nomor kontak Damkar Ciamis WMK Banjarsari, serta meyakini kondisi tempat kejadian sudah dapat dianggap aman, pada sekitar pukul 17.15 WIB para petugas meninggalkan lokasi dan kembali ke pos semula.

    Sumber: @damkarkab.ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi