• FYI

    17 September 2022

    Terinspirasi Motif Batik Ciamis, Busana Rancangan Popong Sopia Tampil di New York Indonesia Fashion Show


    Warga Tatar Galuh Ciamis patut berbangga dengan kabar baik ini, terlebih lagi bagi para pecinta maupun pegiat batik lokal. Betapa tidak, Popong Sopia, salah satu desainer Indonesia yang sudah melanglang buana, menyebut tema batik Ciamis sebagai inspirasinya, saat menampilkan hasil karyanya di Negeri Paman Sam.

    Perhelatan bertajuk “International Fashion and Arts season 11” digelar oleh pihak penyelenggara New York Indonesia Fashion Week, yang merupakan 'New York Largest Indonesian Fashion Show' atau ajang terbesar pentas peragaan busana Indonesia di kota tersebut.

    Event tersebut diselenggarakan pada hari Minggu (11/9/2022) waktu setempat, bertempat di 48th Wall Street Events, 48th Wall Street, New York, Amerika Serikat, dengan menghadirkan 10 desainer yang berasal dari Amerika Serikat, Indonesia, dan Eropa.

    Popong, pemilik brand Evoy Production, mengaku sudah dua kali mengikuti perhelatan New York Indonesia Fashion Week, sehingga pada kesempatan kali ini sudah cukup tahu situasi yang bakal dihadapinya.


    Selain dirinya, tercatat pula beberapa nama yang turut menyemarakkan New York Indonesia Fashion Show kali ini, di antaranya Merry Salmeri (USA), Dewi Maya (USA), Ariez (Sulam Jelujur, Indonesia), Michelle Hadip (Indonesia), Sugeng Waskito (Gee Batik, Indonesia), dan Stilista Berhoni Zigrida (Italia).

    Berbekal pengalamannya pada tahun lalu, Popong mengaku dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik dan matang. Ia menjadi salah satu desainer asal Indonesia yang turut memeriahkan ajang fashion show Indonesia terbesar di New York tersebut.


    Popong mengaku berasal dari Ciamis dan mengangkat tema batik Ciamis pada busana yang ditampilkannya. Ia menyebut motif kupu-kupu yang merupakan ciri khas batik Ciamis diaplikasikan pada busana rancangannya.

    "Sebetulnya saya itu terinspirasi dari batik Ciamis, yang kebanyakan bermotif kupu-kupu, kebetulan saya juga asal Ciamis, makanya saya ingin mengembangkan motif tersebut," tutur Popong, sebagaimana dikutip oleh Insertlive.

    Pencapaian Popong dengan Evoy Production yang dikelolanya, menumbuhkan harapan akan pengembangan dan pemajuan batik Ciamis dengan lebih intens lagi ke depannya. Di sisi lain, prestasi ini sepatutnya menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mencintai dan mengembangkan batik, warisan adiluhung budaya bangsa.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi