• FYI

    15 Oktober 2022

    Dirancang untuk Gantikan Jalur Cirahong, Rencana Pembangunan Jembatan Betman Mengemuka Lagi


    Rencana pembangunan Jembatan Betman (Benteng-Manonjaya) yang menghubungkan dua wilayah, yakni Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya, kembali mengemuka. Jembatan Betman dirancang untuk menjadi pengganti jalur Jembatan Cirahong yang sudah beberapa waktu terakhir tak bisa lagi dilewati kendaraan roda empat, karena mempertimbangkan usia jembatan kereta api tersebut dan keselamatan para penggunanya.

    Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya menyampaikan rencana pembangunan Jembatan Betman pada saat mengikuti kegiatan Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Provinsi Jawa Barat masa sidang 2022-2023.

    Kunjungan kerja ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw, dan dilaksanakan pada hari Senin (10/10/2022), bertempat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Kota Bandung.

    Rombongan kunker diterima oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum beserta jajaran Pemprov Jabar, Walikota Bandung, Bupati Ciamis, Wakil Bupati Tasikmalaya, dan mitra kerja Komisi V DPR yang terkait dengan program serta kegiatan kementerian di Jawa Barat.

    Turut hadir di antaranya, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jakarta-Jawa Barat, dan dinas/instansi terkait lainnya.

    Pimpinan Kunker Komisi V DPR Roberth Rouw menyebut, kunjungan kerja tersebut diselenggarakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terhadap usulan pembangunan infrastruktur dan transportasi yang pembiayaannya bersumber dari APBN.

    Ia mengungkapkan, Komisi V DPR telah menerima surat dari Pemkab Ciamis, yang berisi usulan revitalisasi Stasiun Ciamis, dan dari Pemkab Tasikmalaya mengenai rehabilitasi Jembatan Fly Over KM 256 di Desa Manggungsari. Pada saat kunjungan kerja, imbuhnya, telah diterima pula usulan-usulan tambahan untuk pembangunan infrastruktur di kedua kabupaten yang bertetangga tersebut.

    Pihaknya memberi perhatian pada usulan yang masuk dan berjanji akan membawa aspirasi tersebut untuk dibahas dalam rapat Komisi V DPR, dan berharap akan ada jawaban konkret nantinya, demi percepatan pembangunan di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

    Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya menyampaikan rencana pembangunan atau proyek strategis di wilayah Kabupaten Ciamis, di antaranya revitalisasi Stasiun Ciamis, dan pembangunan Jembatan Betman.

    Terkait Jembatan Betman, seperti diketahui rencana pembangunan jembatan penghubung Ciamis-Tasikmalaya tersebut, sebagai pengganti jalur roda empat Jembatan Cirahong, sudah mulai bergulir sejak beberapa tahun silam. Namun, akhir-akhir ini kebutuhan akan adanya jembatan baru dirasakan semakin meningkat, seiring ditutupnya Jembatan Cirahong bagi kendaraan roda empat.

    Akibat keputusan penutupan yang disepakati oleh berbagai pemangku kepentingan tersebut, masyarakat yang memakai kendaraan mobil terpaksa memutar dan mengambil jalur lain yang lebih jauh jarak tempuhnya. Saat ini, Jembatan Cirahong hanya melayani pelintas dengan moda kendaraan roda dua dan pejalan kaki saja, selain lalu lintas kereta api di bagian atasnya.

    Butuhkan Dana 750 Milyar Rupiah

    Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum sebagaimana dilansir KOMPAS.com pada bulan Oktober 2021 pernah menyampaikan bahwa rencana pembangunan Jembatan Betman sudah mulai dirintis pada saat dirinya masih memangku jabatan Bupati Tasikmalaya, bersama Bupati Ciamis saat itu, Iing Syam Arifin.

    Ia bahkan menyebut, Pemprov Jabar melalui Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (BMTR) sudah memiliki rancangan DED (Detail Engineering Design) untuk pembangunan Jembatan Betman. Pembangunan jembatan tersebut ditaksir akan memerlukan anggaran Rp. 750 miliar.

    Rencana pembangunan Jembatan Betman yang kembali mengemuka, menerbitkan harapan warga dari dua kabupaten yang bertetangga. Namun demikian, kapan waktu realisasinya masih perlu proses dan waktu dalam mewujudkannya.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi