• FYI

    31 Desember 2022

    Jadi Ikon Kedua Jawa Barat di Kota Bandung, Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan


    MRAJ (Masjid Raya Al Jabbar) yang berlokasi di Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung, diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada hari Jumat (30/12/2022). Kegiatan peresmian diawali dengan penanaman pohon, penebaran benih ikan di danau retensi, dan diakhiri pelepasan burung di area masjid tersebut.

    Dalam sambutannya, gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini berharap masyarakat Jawa Barat saat mengunjungi MRAJ turut memuliakannya dengan berbagai kegiatan yang bermaslahat. Para pengunjung juga diharapkannya mendapat tambahan ilmu baru, dengan hadirnya museum sejarah Nabi yang memuat pula sejarah Islam di Jabar.

    "Kami harapkan orang datang ke sini bermunajat, berselawat, bersalat, pulangnya dapat ilmu tentang kesejarahan, juga bahagia," tutur Kang Emil. Peresmian masjid kebanggan Jawa Barat ini turut dihadiri para kiai dari forum pesantren dan masyarakat umum. Sebelum peresmian secara simbolis dengan pemukulan bedug bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, Kang Emil memohon para kiai untuk mendoakan MRAJ agar menghadirkan kemakmuran bagi warga Jabar. Bangunan megah masjid tersebut, imbuh gubernur, menjadi cikal bakal perkembangan peradaban Islam di Jabar.


    Kang Emil mengajak mensyukuri keberadaan MRAJ, sebab pada zaman Rasulullah saw kondisi masjid hanya beratapkan daun-daun pelepah kurma, bertiangkan batang kurma, dan sangat sederhana. Sedangkan saat ini, tuturnya, di Jawa Barat sudah hadir mesjid yang megah dan kokoh untuk memuliakan nama Allah, dan menjadi tempat ibadah yang insya Allah makmur.

    Kang Emil berharap MRAJ menjadi kebanggaan, kemuliaan, dan menambah satu lagi ikon Jawa Barat, setelah Gedung Sate.

    Peresmian MRAJ mendapat tanggapan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Ia mengucapkan selamat kepada masyarakat Jabar dan Indonesia, atas diresmikannya masjid yang megah ini di hari Jumat yang penuh berkah. Dirinya bahkan mengungkapkan bahwa MRAJ adalah masjid terindah di Indonesia.

    "Inilah saya kira peradaban baru dimulai di masa Pak Gubernur Ridwan Kamil," tuturnya.


    Senada dengan Mendag RI, Ketua Majelis Ulama Indonesia Jabar Prof. Rachmat Syafei turut mengucapkan selamat atas peresmian MRAJ. Ia memastikan MUI akan memakmurkan dan menjaga kebudayaan dan peradaban Islam di Jawa Barat yang hadir di MRAJ.

    Diungkapkannya, MRAJ tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar, tetapi juga kaum muslimin Jawa Barat. Ia mengajak kaum muslimin hingga dari pelosok Jabar, bukan hanya di seputar Bandung, untuk memakmurkan masjid ini.

    “Mari sama-sama memakmurkan masjid ini. Mudah-mudahan masjid ini makmur, yang datang semoga bukan hanya melihat keindahannya," tuturnya.

    Sumber: Humas Jabar
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi