• FYI

    18 Januari 2023

    Lepas Peserta Pengabdian Gerakan Mengajar Desa, Sekda Ciamis Apresiasi Pemberdayaan Pemuda dalam Pembangunan Daerah


    Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd., mewakili Bupati Ciamis, melepas para tutor inspiratif yang akan mengikuti kegiatan pengabdian Gerakan Mengajar Desa Kabupaten Ciamis, pada hari Senin (16/1/2023), pukul 9.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Setda Ciamis.

    Kegiatan pelepasan ini dihadiri oleh Kadisdik Dr. Asep Saepul Rahmat, M.Si., Kadis DPMD Ape Ruswandana, Kepala Badan Kesbangpol R. Yadi Tisyadi, S.E., M.Si., Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Hj. Tini Nurmasari, S.Sos., M.M., 13 tutor inspiratif GMD Ciamis dan 2 perwakilan dari HIMMAN Unigal Ciamis.

    Sekda Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd., dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk desa maupun masyarakatnya, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat setempat. Kegiatan ini, ungkapnya, bertujuan memberdayakan pemuda berpartisipasi dalam pembangunan daerah, khususnya dalam bidang pendidikan, sehingga para pemuda semakin cinta pada daerahnya.

    “GMD diharapkan akan memberikan pengalaman luar biasa bagi pemuda di dalam hidupnya, karena telah melaksanakan pengabdian di masyarakat, sehingga diharapkan akan menjadi bekal mereka berkehidupan bermasyarakat,” tuturnya.


    Sekda Ciamis berharap, para pemuda memperoleh manfaat dari relasi yang luas dengan bergabung bersama GMD. Para pemuda, imbuhnya, akan melakukan diskusi, observasi, membuat riset, melatih sikap dan karakter, serta peka terhadap lingkungan sekitar, sehingga tercipta pemikiran yang kritis, tepat sasaran, mampu memimpin dan melakukan negosiasi, sebagai bekal yang luar biasa untuk kehidupan di masa yang akan datang.

    Sementara itu, berdasar keterangan yang diperoleh CIAMS.info, Gerakan Mengajar Desa Kabupaten Ciamis yang merupakan bagian dari Gerakan Mengajar Desa Nusantara dan berada di bawah naungan Yayasan Generasi Sahabat Pendidikan, akan kembali diselenggarakan pada tanggal 18-26 Januari 2023, berlokasi di beberapa desa di wilayah Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan pengabdian ini, berdasar keterangan yang diterima CIAMIS.info, dilaksanakan dengan harapan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan terdidik untuk membangun masa depan yang lebih baik.

    Desa-desa tempat dilaksanakannya pengabdian Gerakan Mengajar Desa tersebut, yakni Desa Banjarangsana (Kec. Panumbangan), Desa Maparah (Kec. Panjalu), Desa Natanegara (Kec. Panawangan), Banjarangin, dan Desa Janggala (Kec. Cidolog).

    Kontributor: @asrilailafn
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi