• FYI

    09 Januari 2023

    Agresif dan Resahkan Warga, Monyet Galak Akhirnya Dievakuasi Petugas Damkar Ciamis


    Upaya penangkapan terhadap seekor monyet liar yang meresahkan warga Blok Tamianglega RT 003 RW 004, Dusun Karangmulya, Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, akhirnya membuahkan hasil.

    Hari Senin (9/1/2023), pukul 9.30-11.45 WIB, penangkapan hewan liar tersebut dilakukan oleh petugas Damkar Kab. Ciamis Pos WMK Kawali, yang dibantu oleh aparat Pemerintah Desa Karangpawitan dan warga setempat

    Monyet jawa (Macaca fascicularis) yang diduga merupakan peliharaan seseorang tersebut mulai berkeliaran di sekitar Jalan Nanggela sejak hari Minggu (8/1/2023), atau sehari sebelumnya. Meskipun kemunculan monyet sebenarnya bukan hal asing bagi warga setempat, tetapi hewan yang satu ini menampakkan sikap agresif dengan mengejar pemotor dan anak-anak kecil.

    Khawatir membahayakan masyarakat setempat, warga akhirnya berinisiatif melaporkan kejadian tersebut pada Damkar Kab. Ciamis Pos WMK Kawali. Petugas merespon laporan dengan berusaha melakukan penangkapan. Namun, upaya pada hari pertama gagal, karena monyet tersebut kabur ke area kebun.

    Hewan liar itu muncul lagi pada keesokan harinya. Bahkan, pada hari Minggu dikabarkan sempat menyerang rumah warga, diduga karena kelaparan. Disamping itu, terdapat oknum warga yang menembak dengan senapan angin dan mengenai pipi kiri monyet, sehingga hewan tersebut semakin stress dan galak.

    Petugas berupaya kembali untuk menangkap hewan liar tersebut, dengan cara memancing kehadirannya menggunakan makanan. Namun, saat hendak ditangkap, hewan tersebut melarikan diri ke atas pohon. Malang, rantai besi yang cukup panjang di badan monyet tersebut melilit ke pohon, sehingga tubuhnya tertahan. Melihat kesempatan ini, petugas dan warga akhirnya memilih menebang pohon itu, dan akhirnya monyet tersebut dapat ditangkap.


    Selanjutnya, monyet diserahkan kepada petugas BKSDA Ciamis untuk dikembalikan atau dilepasliarkan ke habitatnya semula. Hingga berita ini diturunkan, belum ada individu yang mengaku sebagai pemilik atau pemelihara monyet tersebut.

    Pada giat evakuasi monyet liar ini Damkar Ciamis menurunkan tim ke lapangan yang terdiri atas Asep K., Adam Z., Rizal S., Anggara, Bimar H. dan didukung Aridy yang siaga di Pos WMK Kawali. Salah seoarang petugas, yakni Rizal Saepuloh sempat tergigit dan langsung dibawa ke Puskesmas Kawali untuk mendapatkan penanganan medis.

    Kontributor: Iqbal Juliana Saefudin
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi