• FYI

    09 Januari 2023

    Terancam Bahaya Longsor Susulan, Masjid di Blok Ciracak ini Berada di Dekat Tebing Jurang


    Dua bangunan yang terletak di Blok Ciracak, Dusun Mekarmulya RT 01 RW 10, Desa Kertayasa, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, kondisinya sangat memprihatinkan karena terancam oleh risiko terbawa longsor, mengingat posisinya yang persis berada di dekat tebing jurang.

    Kedua bangunan yang berupa masjid dan rumah penduduk tersebut makin berada dekat tebing, setelah sebelumnya terjadi longsor pada hari Minggu (8/1/2023) lalu, sekitar pukul 17.30 WIB, saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut. Kejadian tersebut menjadi perhatian dan keprihatinan warga setempat.

    Menurut Sevia, warga setempat, longsor tersebut seingatnya merupakan yang kedua kalinya. Kejadian serupa terjadi pertama kalinya pada sekitar tahun 2019, sehingga saat terjadi longsor susulan kemarin posisi tebing jurang makin mendekat ke lokasi masjid dan rumah warga.


    Menyikapi ancaman risiko yang mungkin terjadi jika ada hujan deras dan pergerakan tanah susulan, pemilik rumah diungsikan sementara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Namun demikian, terlihat dari kiriman gambar yang diterima CIAMIS.info, sesaat setelah kejadian longsor, warga masih berani beraktivitas di dekat tebing yang cukup curam. Warga nampaknya sudah terbiasa dengan kontur lahan yang ditempati selama ini, sehingga tebing yang cukup tinggi dengan kemiringan cukup ekstrim tersebut merupakan pemandangan sehari-hari.

    Langkah antisipasi tetap ditempuh warga untuk menghindarkan dari kejadian yang tak diharapkan. Namun, sejauh ini CIAMIS.info belum menerima berita apakah tempat ibadah tersebut dan rumah warga yang terancam longsor akan direlokasi ke tempat lain.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi