• FYI

    06 Januari 2023

    Ratusan Prajurit Kodim 0613/Ciamis Ikuti Hanmars Menuju Monumen Panji Siliwangi Cirikip Panawangan


    Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., turun langsung bersama ratusan prajurit Kodim 0613/Ciamis mengikuti kegiatan Hanmars (ketahanan mars) pada hari Kamis (5/1/2023) bertempat di wilayah Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Hanmars adalah salah satu bentuk latihan prajurit TNI, berupa jalan kaki menempuh jarak tertentu dengan kontur medan yang telah disiapkan.

    Sebelumnya, para prajurit menjalani dulu pemeriksaan dan pemanasan di Makoramil Panawangan, lalu menempuh perjalanan sejauh lebih dari 5 km, hingga berakhir di lokasi Monumen Panji Siliwangi, yang terletak di Dusun Cirikip, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan.

    Monumen tersebut merupakan pengingat peristiwa bersejarah pada tahun 1949, ketika Panji Siliwangi disembunyikan pada pohon kelapa agar selamat dari pengejaran oleh tentara Belanda, maupun gerombolan DI/TII.


    “Kegiatan ini bertujuan untuk me-refresh kembali dasar militer yang didapat saat masuk, maupun selama berada di satuan tempur. Selain itu, juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran setiap prajurit Kodim 0613/Ciamis,” tutur Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol.

    Ia menyebut, Hanmars ditujukan untuk mengasah dan memantapkan kembali kemampuan dasar yang harus tetap dikuasai oleh seorang prajurit, di samping melaksanakan tugas kewilayahan, serta rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing.

    Pemilihan lokasi di Dusun Cirikip, imbuh Dandim, juga merupakan napak tilas di lokasi bersejarah, yakni tempat disembunyikannya Panji Siliwangi oleh almarhum Sunahwi, warga setempat yang menjadi pelaku sejarah di tahun 1949. Hal ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan prajurit terhadap perjuangan para pahlawan.


    Dandim menyebut, keberanian Sunahwi yang bersedia mengorbankan nyawanya untuk menyembunyikan Panji Siliwangi di pohon kelapa, dari kejaran Belanda dan gerombolan DI/TII, merupakan contoh warga negara yang baik, yang rela berbuat apa saja untuk negaranya.

    Baca juga: Sunahwi, Sang Penyelamat Panji Siliwangi

    Kegiatan juga diisi dengan pengecatan ulang Monumen Panji Siliwangi dan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako untuk masyarakat di Dusun Cirikip. Dandim 0613/Ciamis secara simbolis turut menyerahkan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat, khususnya di sekitar lokasi monumen.

    Source: @kodimciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi