• FYI

    04 Januari 2023

    Angin Kencang Landa Panawangan, Rusak Atap Kantor Kecamatan, Rumah Warga, dan Sebabkan Pohon Tumbang Tutupi Jalan


    Angin kencang disertai hujan deras melanda kawasan Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, pada hari Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelumnya, hujan telah mulai turun sejak sekitar pukul 14.00 WIB.

    Kabar terjadinya bencana alam ini banyak disampaikan warganet, dan telah dikonfirmasi kebenarannya oleh pihak Pusdalops Penanganan Bencana BPBD Kabupaten Ciamis. Kejadian ini menimbulkan kerusakan pada atap Kantor Kecamatan Panawangan, rumah warga, tumbangnya pohon hingga menutupi akses jalan, dan terdapat pula laporan kerusakan kabel listrik PLN akibat tertimpa pohon yang roboh.


    Sejauh ini, berdasarkan keterangan BPBD Kab. Ciamis, tidak terdapat korban jiwa akibat musibah ini. Sementara ini warga setempat menyampaikan adanya kerusakan pada atap bangunan tempat tinggal, dan petugas masih terus melakukan upaya pendataan terkait akibat yang ditimbulkan.

    Petugas Pusdalops Penanganan Bencana dipimpin langsung Kepala Pelaksana BPBD Kab. Ciamis Drs. H. Dadang Darmawan, M.Si., langsung bergerak ke lokasi seusai menerima laporan, dengan menempatkan penanganan pohon tumbang dan evakuasi kerusakan sebagai kebutuhan mendesak yang harus dilaksanakan.

    Salah satu lokasi penanganan adalah di RT 05 RW 02 Dusun Cibogor, Desa Panawangan, di mana telah terjadi pohon tumbang yang menimpa kediaman Ibu Lilis, warga setempat. Petugas segera melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut untuk memudahkan penanganan selanjutnya terhadap kerusakan yang timbul, dan menghindarkan risiko susulan.


    Terjadinya angin kencang ini segera mendapatkan tanggapan dari warga Ciamis, dengan banyaknya kiriman video kejadian di lokasi tersebut, yang sudah beredar sebelumnya melalui aplikasi pesan singkat dan media sosial.

    Selain kabar mengenai kerusakan atap Kantor Kecamatan Panawangan, terdapat pula cuplikan kondisi saat pengemudi kendaraan terjebak di tengah-tengah berlangsungnya angin kencang atau disebut pula angin puting beliung. Lalu lintas kendaraan terhenti dan kencangnya angin membuat sang pengemudi tak henti-hentinya berzikir.

    Mengingat kondisi cuaca pada akhir-akhir ini, sebagaimana setiap hari disiarkan oleh pihak BPBD Kab. Ciamis, warga Tatar Galuh, terlebih yang berada di kawasan rawan bencana, dihimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati.

    Sumber: Pusdalops PB BPBD Kab. Ciamis, Warganet
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi