• FYI

    19 Januari 2023

    Wisata Mini Ranch, Healing Asyik dengan Suasana Khas Padang Rumput di Ciamis Utara


    Wisata Mini Ranch Sapi Pasundan semakin menarik untuk dikunjungi. Para pecinta wisata alam punya alternatif destinasi pilihan untuk healing, yang dapat disambangi jika bertandang ke wilayah Ciamis utara. Selain mengunjungi Situ Lengkong yang sudah sangat populer, para wisatawan dapat mengarahkan tujuannya ke Wisata Mini Ranch Sapi Pasundan yang berlokasi di Dusun Nusasireum, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

    Obyek wisata ini merupakan pengembangan dari keberadaan Mini Ranch Sapi Pasundan seluas 10 hektar yang merupakan aset Pemkab Ciamis dan berada di bawah pengelolaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis. Peternakan atau ranch ini merupakan tempat pemeliharaan sapi pasundan yang merupakan bagian dari kekayaan genetik lokal dalam khazanah hewan ternak khas Indonesia.

    Sekitar 1 hektar dari lahan Mini Ranch Sapi Pasundan kini dikelola oleh BUMDES Cibeureum, badan usahan milik Pemdes Cibeureum, dengan membuka Wisata Mini Ranch yang diharapkan dapat membawa manfaat bagi desa dan masyarakat sekitar. Pengelolaan obyek wisata ini juga merupakan wujud kerjasama pemerintahan desa setempat dan dinas/instansi terkait untuk mengoptimalkan potensi keberadaan Mini Ranch Sapi Pasundan.

    Rute Perjalanan Menuju Wisata Ranch Sapi Pasundan

    Jika berangkat dari pusat kota Ciamis, lokasi ini dapat dijangkau dengan terlebih dulu menuju ke arah Kawali, lalu ke Panjalu. Selanjutnya, di pertigaan Sriwinangun (Panjalu), arahkan perjalanan ke arah utara, menuju wilayah Sukamantri dengan melalui Desa Hujungtiwu, Kantor Kecamatan Sukamantri, Pasar Sukamantri, sampai akhirnya tiba di lokasi SMPN 1 Sukamantri.

    Setelah melewati sekolah ini, pada saat menemukan persimpangan jalan, ambil ke arah kanan dan sekitar 700 meter sesudahnya akan menemukan Balai Dusun Nusasireum. Ambil ke arah kiri di pertigaan sesudah balai dusun ini dan lanjutkan perjalanan sekitar 1 km sampai menemukan belokan yang terletak persis di samping gapura perbatasan antara Desa Cibeureum (Kec. Sukamantri) dengan Desa Maparah (Kec. Panjalu). Setelah sekitar 600 meteran terdapat persimpangan jalan lagi, ambil ke arah kiri dan tak jauh dari situ, sekitar 300 meteran, akan sampai di lokasi tujuan, yakni Mini Ranch Sapi Pasundan.


    HTM dan Fasilitas Wisata Ranch Sapi Pasundan

    Wisata Mini Ranch Cibeureum buka setiap hari dari mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, dengan menetapkan tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp2.000 saja. Terdapat area parkir yang luas dan berbagai fasilitas yang tersedia di dalamnya. Penyewaan ATV akan dikenakan biaya Rp15.000, sementara flying fox seharga Rp10.000. Fasilitas lainnya sudah yang sudah tersedia adalah musala, toilet, bumi perkemahan, gazebo dan kuliner Puncak Joho. Tentu saja, terdapat berbagai spot untuk berfoto ria, baik selfie maupun beramai-ramai.

    Salah satu keistimewaan obyek wisata ini adalah para pengunjung dapat ikut memberi makan sapi-sapi yang dipelihara di peternakan ini, dengan pakan yang sudah ditentukan, untuk tetap memastikan kesehatan ternak tersebut. Boleh dikatakan, berkunjung ke sini belum lengkap jika belum berfoto dengan latar belakang padang rumput yang khas, lengkap dengan sapi-sapi yang sedang merumput, atau berfoto dengan pose sedang memberi makan sapi-sapi tersebut.


    Sementara itu, keberadaan gazebo sangat cocok untuk wisata keluarga, atau kerap disebut dengan ‘botram’. Menu kuliner yang disediakan di lokasi pun harganya cukup terjangkau, seperti lotek yang hanya Rp8.000 saja per porsinya.

    Lokasi ini juga menawarkan bumi perkemahan yang cocok untuk camping bersama kawan-kawan, atau untuk rombongan lembaga, karang taruna, pramuka, maupun komunitas lainnya. Salah satu keistimewaan yang terdapat di lokasi bumi perkemahan ini adalah view-nya yang menghadap langsung ke danau buatan, sehingga sangat eksotis saat diabadikan.

    Lokasi ini juga menawarkan bumi perkemahan yang cocok untuk camping bersama kawan-kawan, atau untuk rombongan lembaga, karang taruna, pramuka, maupun komunitas lainnya. Namun, para pecinta camping sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dari awal, sebab sejauh ini belum ada persewaan tenda maupun alat-alat lainnya di lokasi.

    Kontributor: @wildantauf
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi