• FYI

    19 Januari 2023

    Truk Fuso Gagal Starter Terguling di Dusun Sarayuda, Damkar Ciamis Bantu Penyelamatan


    Setiap pemilik kendaraan hendaknya memastikan kondisi kendaraannya berada dalam keadaan baik dan tidak bermasalah, untuk menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Contoh sederhana, pastikan proses starter berjalan normal pada saat mulai menghidupkan mesin kendaraan.

    Sebuah truk pengangkut barang berjenis Mitsubishi Fuso dengan nomor polisi Z 8371 WK mengalami kecelakaan tunggal di Dusun Sarayuda RT 04 RW 07, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada hari Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 11.00 WIB siang.

    Demikian info yang disampaikan oleh warga setempat kepada CIAMIS.info. Kabar ini sudah terkonfirmasi oleh rilis yang diterbitkan pihak Damkar Kabupaten Ciamis, yang ikut terlibat dalam proses evakuasi.

    Kejadian bermula pada saat pemilik truk bernama Supsidi (68) berusaha menghidupkan kendaraan tersebut. Namun, karena aki lemah dan starter bermasalah, maka truk tersebut seperti biasanya dinyalakan dengan cara didorong terlebih dulu.

    Nahas, pada saat itulah pengemudi kehilangan kendali setir dan truk tak dapat direm karena kondisi mesin mati. Akhirnya kendaraan bergerak ke pinggir jalan dan berhenti dengan kondisi terguling dan miring di tebing kebun warga.


    Pemilik kendaraan dikabarkan selamat dalam kejadian ini dan hanya mengalami luka-luka. Sementara itu, truk tersebut dalam keadaan kosong, tidak membawa muatan apa-apa, karena baru saja keluar dari garasi.

    Selanjutnya, pemilik truk berinsiatif melaporkan kejadian kepada pihak Damkar Ciamis untuk meminta bantuan evakuasi. Pihak Damkar Ciamis merespon laporan dengan mengirimkan para petugas yang terdiri atas Andi K., Suheri, Iik A.K., dan Rudy, untuk menuju lokasi, dengan didukung para personel siaga Hendra, Yussi dan Kasubag di Mako Damkar Ciamis.

    Para petugas Damkar mencapai lokasi dengan menggunakan 1 unit kendaraan pancar bernopol Z 9921 V, lalu melakukan evakuasi truk yang terguling dengan dibantu masyarakat setempat secara bergotong-royong.

    Evakuasi kendaraan akhirnya berhasil dilakukan, dan pada pukul 12.45 WIB para petugas Damkar Ciamis kembali ke markas, setelah kondisi dinyatakan aman dan tertangani.

    Kontributor: @aneuagustiani29
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi