• FYI

    18 Juni 2023

    Tingkatkan Wawasan Guru TK dan TPA Yayasan Asy-Syifa Banjar, Prodi PBA UPI Adakan Pelatihan Manajemen Pendidikan dan Metode Mengajar Islami


    Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (Prodi PBA UPI) Bandung menggandeng Yayasan Asy-Syifa Kota Banjar mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Pendidikan dan Metode Mengajar Islami bagi para guru TK/TPA di lingkungan yayasan tersebut pada hari Jumat (16/6/2023).

    Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi PBA UPI, sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam di lembaga-lembaga pendidikan awal. Tak kurang dari 32 orang guru TK dan TPA yang ada di lingkungan Yayasan Asy-Syifa hadir mengikuti pelatihan ini, melebihi target awal sebanyak 30 orang.

    Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang manajemen pendidikan dan metode mengajar Islami kepada para guru TK/TPA, agar mereka dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan berlandaskan nilai-nilai Islam kepada para siswa.

    Prof. Dr. H. Maman Abdurrahman, M.Ag., mewakili Ketua Prodi PBA UPI, pada sesi sambutan di awal kegiatan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terjalinnya kerjasama dengan Yayasan Asy-Syifa Banjar dalam menyelenggarakan pelatihan ini. Ia berharap kegiatan ini memberi manfaat yang besar bagi para guru yang ikut berpartisipasi.

    Selanjutnya, bertindak sebagai pemateri pertama, Prof. Dr. H. Maman Abdurrahman, M.Ag., membawakan materi tentang metode pendidikan Islami, dengan memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada peserta terkait pendekatan-pendekatan yang dapat digunakan dalam proses pengajaran yang berlandaskan nilai-nilai Islam.

    Sementara itu, Dr. H. Asep Sopian, M.Ag., sebagai pemateri kedua menyampaikan materi tentang manajemen sekolah, di antaranya penjelasan mengenai praktik-praktik terbaik dalam mengelola sekolah yang berorientasi pada prinsip-prinsip Islam. Hal tersebut bertujuan untuk membantu guru-guru TK dan TPA dalam membangun lingkungan pendidikan yang kondusif dan efektif.


    Pemateri ketiga, Iing Muslig, S.Ag., membagikan materi tentang praktik terbaik dalam manajemen sekolah dan pengajaran dengan menggunakan metode Islami. Pematerian ini bertujuan untuk memberikan contoh nyata aplikasi pendekatan Islami dalam pengelolaan sekolah dan metode mengajar.

    Selain sesi pematerian, pelatihan mengadakan diskusi dan forum interaktif antara para peserta dan pemateri. Para peserta diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman, bertukar ide, dan memperoleh wawasan baru dari sesama guru yang berpartisipasi dalam pelatihan.

    Pelatihan yang berlangsung selama satu hari penuh ini diakhiri dengan sesi penutupan yang disampaikan oleh perwakilan dari Yayasan Asy-Syifa Banjar. Dalam sambutannya, perwakilan yayasan menyampaikan terima kasih kepada para pemateri dan peserta atas dedikasi dan partisipasi mereka dalam pelatihan ini.

    Pihak Yayasan Asy-Syifa Banjar berharap, pelatihan ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan Islam di wilayah setempat, dan memotivasi para guru untuk terus mengembangkan diri. Seusai pelatihan, para peserta diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang manajemen pendidikan dan metode mengajar Islami, serta terinspirasi dan siap untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di lingkungan belajar mereka masing-masing.

    Usai pelaksanaan kegiatan, para peserta memberi tanggapan positif terhadap materi-materi yang disampaikan, dan menyatakan rasa terima kasih atas pelaksanaan pelatihan. Diharapkan ke depannya, guru-guru TK dan TPA di Lingkungan Yayasan Asy-Syifa Banjar dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam mengelola pendidikan Islam yang berkualitas, dan memberikan dampak positif bagi para peserta didik.

    Kontributor: Hikmah Maulani
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi