• FYI

    28 Agustus 2023

    Perkuat Digitalisasi untuk Pemberdayaan UMKM, Kelompok KKN Unigal Luncurkan Akun Pasar Digital Mangkubumi


    Keberhasilan pegiat UMKM di Tatar Galuh Ciamis dalam bertumbuh dan berkembang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Terlebih, bagi pelaku pemula yang baru merintis usahanya atau sedang merangkak memperkuat produksi dan pemasaran hasil produksinya.

    Kehadiran para mahasiswa KKN di desa-desa dapat menjadi terobosan penting dan berfungsi sebagai katalisator kemajuan bagi para pegiat UMKM tersebut. Kelompok-kelompok KKN dapat mengintroduksi pendekatan baru dalam pemasaran produk UMKM yang lebih sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman.

    Kelompok KKN Universitas Galuh periode tahun 2023 yang ditempatkan di Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, mencoba mewujudkan keberpihakan dunia pendidikan tinggi pada kemajuan pelaku usaha kecil di desa dengan membuat karya nyata dalam membantu digitalisasi pemasaran.

    Kelompok yang memiliki program unggulan "Penguatan Digitalisasi Usaha Pemberdayaan Pelaku UMKM di Desa Mangkubumi melalui Penggunan Online Market dalam Upaya Perluasan Pangsa Pasar" ini melaksanakan peluncuran akun Pasar Digital Mangkubumi pada hari Sabtu (12/8/2023) yang lalu, bertempat di Aula Desa Mangkubumi.

    Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Yudhi Arie Priyanto S.P., M.Si., yang memberi paparan mengenai pentingnya kreativitas dan inovasi dalam memajukan dunia usaha, khususnya yang berada di desa-desa.

    Inovasi Kelompok KKN disambut positif oleh pihak Pemerintah Desa Mangkubumi. Kepala Desa Mangkubumi, Ali Muhidin S.Pd., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa program yang dilaksanakan oleh Kelompok KKN Mangkubumi ini sesuai dengan potensi dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM di wilayah yang dipimpinnya.

    Kades Ali Muhidin berharap, program ini dapat menjadi solusi dan akan terus berlanjut dalam memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM setempat.

    Source: @kkndesamangkubumi
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi