• FYI

    16 November 2023

    Beraksi Dini Hari di Perum Garden Valley Ciamis, Kawanan Pencuri Gasak 2 Sepeda Motor Sekaligus


    Warga Ciamis kembali diimbau agar tidak lengah dan selalu waspada, serta meningkatkan upaya menjaga lingkungan permukiman masing-masing. Sebagaimana sering diungkapkan, tindak kriminalitas tidak hanya terjadi akibat adanya keinginan pelaku, tetapi juga terbukanya kesempatan atau peluang dalam melakukannya.

    Peristiwa pencurian kendaraan bermotor roda dua dikabarkan telah terjadi di Perumahan Garden Valley, Jl. Kapten Harsono Sudiro (dekat Sirkuit BMX), Kelurahan Cigembor, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, pada hari Rabu (15/11/2023) sekitar pukul satu dini hari.

    Tak tanggung-tanggung, 2 unit sepeda motor milik warga setempat raib digondol kawanan pencuri. Salah satu pemilik motor bernama Cecep, warga Perum Garden Valley, dan satu lainnya berlokasi tidak jauh dari lokasi pertama, masih di lingkungan RT yang sama. Para pelaku tampaknya sengaja memanfaatkan kondisi lingkungan yang sedang sepi pada dini hari. Terlebih lagi, pada saat kejadian kawasan tersebut baru saja diguyur hujan.

    Tia, salah seorang warga Perum Garden Valley, mengungkapkan bahwa 2 sepeda motor milik tetangganya yang dicuri adalah tipe Honda BeAT tahun 2020 dan 2023. Pencurian ini, ujar Tia, diduga terkait erat dengan kehadiran 4 orang asing yang terekam kamera CCTV di rumahnya.

    “Saya sendiri tidak menginap di rumah pada saat kejadian,” tutur Tia pada CIAMIS.info, Rabu (15/11/2023), “dan saya baru tahu saat pagi-pagi ditelepon Pak Cecep untuk melihat rekaman CCTV yang dipasang di rumah saya.”

    Rekaman CCTV menunjukkan kehadiran 4 orang yang melintas di jalan perumahan pada pukul 01.13 WIB dini hari. Awalnya, terdapat keterangan dan dugaan bahwa 4 orang itu tidak dikenali warga, tetapi sumber lain kemudian mengonfirmasi keempatnya adalah para petugas ronda. Dugaan yang berkembang, pencurian dilakukan seusai para petugas ronda meninggalkan lokasi kejadian dan baru diketahui para korban di waktu subuh atau pagi harinya.

    “Rekaman CCTV sudah dibawa ke pihak kepolisian untuk mendukung pengembangan penyelidikan kasus ini,” ujar Tia.


    Terjadinya kejahatan pencurian kendaraan ini, bahkan dengan sasaran dua unit sepeda motor sekaligus dalam satu peristiwa, kembali menjadi peringatan bagi warga Ciamis untuk semakin waspada dan menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Meskipun pihak kepolisian sudah melakukan patroli rutin untuk menjaga keamanan, tetapi keterbatasan sumber daya dan besarnya ruang lingkup wilayah, tentunya harus didukung oleh kepedulian dan peran serta bersama.

    “Semoga kejadian ini menjadi peringatan pada warga Ciamis lainnya, biar pada waspada juga,” pungkas Tia.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi