• FYI

    19 November 2023

    Membanggakan, 6 Atlet Sepak Bola Junior Asal Ciamis Turut Berlaga pada Final Piala Soeratin U-15 Tingkat Provinsi DKI Jakarta!


    Kabar membanggakan bagi perkembangan dunia sepak bola Kabupaten Ciamis datang dari ibukota Jakarta, terutama terkait pembinaan para pebola junior atau kategori usia dini. Sebanyak 6 orang atlet sepak bola junior asal Tatar Galuh Ciamis terpilih untuk ikut berlaga pada babak final Piala Soeratin U-15 tingkat Provinsi DKI Jakarta. Pertandingan tersebut digelar Asprov PSSI DKI Jakarta pada hari Sabtu (18/11/2023), bertempat di Stadion Klender, Jakarta Timur.

    Para atlet belia kelahiran Ciamis tahun 2008 yang masih berstatus pelajar di berbagai sekolah menengah ini, memperkuat kesebelasan Bina Mutiara FC yang berhadapan dengan lawan tangguh Persija Muda. Patut dibanggakan, keenam pebola muda tersebut selalu masuk ke dalam line up tim saat berlaga, sejak babak penyisihan hingga laga final.

    Meski akhirnya pada laga final Bina Mutiara FC harus puas menjadi runner-up karena ditundukkan oleh Persija Muda dengan skor akhir 2-3, tetapi prestasi para atlet sepak bola junior dari Kabupaten Ciamis patut diacungi jempol dan memperoleh apresiasi tinggi.

    Keberhasilan Andrean Danu Arta (SMPN 1 Cikoneng), Fadil Abdillah (SMPN 1 Cikoneng), Nizar Muhammad Fasya (SMPN 2 Ciamis), Rayhan Khairul Purnama (SMPN 2 Ciamis), Johan Pamungkas (MTs Utama), dan Hilmi Albiana Putra Setia (SMAN 1 Ciamis), tidak terlepas dari kerja keras dan kesungguhan mereka dalam proses pembinaan serta pelatihan di SSB (Sekolah Sepak Bola) Buldozer yang berdomisili di Kelurahan Sindangrasa, Ciamis.

    Awalnya, sebanyak 9 atlet muda SSB Buldozer memperoleh panggilan untuk bergabung bersama Diklat RMD (Remaja Masa Depan) Bina Mutiara pada saat diselenggarakan seleksi nasional. Sebagai catatan, Diklat RMD Bina Mutiara tampil pada Piala Soeratin U-15 Tingkat DKI Jakarta dengan nama Bina Mutiara FC. Kesembilan atlet belia tersebut diperkirakan sudah mendapat perhatian pada saat SSB Buldozer bertanding melawan RMD Bina Mutiara di Purwakarta, sebulan sebelum dilaksanakannya seleksi nasional tersebut.

    Namun, 3 siswa SSB Buldozer akhirnya tidak jadi bergabung dengan Diklat RMD Bina Mutiara, karena 2 orang di antaranya dinyatakan belum lolos seleksi, dan seorang lagi atas nama Adly Assyariel Falah dibutuhkan oleh Kota Tasikmalaya untuk memperkuat tim kota tersebut pada event Suratin U-15 di zona Provinsi Jawa Barat. Nama yang disebut terakhir, Aldy, adalah siswa berprestasi dari SSB Buldozer Ciamis yang pada tahun 2022 mewakili Kabupaten Ciamis dalam Tim Nasional Gala Siswa Indonesia. Meski Aldy kelahiran Tasikmalaya dan memperkuat tim Piala Suratin U-15 Kota Tasikmalaya, ia memang bersekolah di SSB Buldozer Ciamis.


    Keenam pemain junior yang lolos seleksi dan direkrut oleh RMD Bina Mutiara, selama di Jakarta mendapatkan fasilitas akomodasi berupa penginapan di mess, makan, dan pembayaran transportasi jika libur atau pulang dulu ke Ciamis. Status para atlet junior tersebut yakni peminjaman buy to buy, dan jika performa mereka meningkat lebih baik lagi, menurut pemilik RMD H. Firdaus, dapat meraih beasiswa serta disalurkan ke tim-tim Liga 1 usia, maupun Liga 2 usia. Sebagai catatan, banyak jebolan RMD Bina Mutiara bermain di Liga 1 usia, bahkan salah satunya berhasil masuk ke Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia, yakni atas nama Nabil Asyura.

    Keberhasilan atlet-atlet belia dari Tatar Galuh Ciamis untuk berkiprah di dunia sepak bola tingkat provinsi maupun nasional, patut mendapat apresiasi dan perhatian dari semua pihak. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas atlet lokal tak kalah dengan yang berasal dari daerah-daerah lain, termasuk jika dibandingkan dengan hasil pembinaan sekolah sepak bola di ibukota.

    Akhir bulan November 2023, event kejuaraan sepak bola Piala Soeratin U-17 tingkat Jawa Barat akan digelar. Momen ini dapat menjadi ajang pembuktian kembali para atlet muda untuk meraih prestasi terbaik dan mengharumkan nama baik Tatar Galuh Ciamis di kancah yang lebih tinggi. Semoga raihan prestasi dan pencapaian para atlet muda mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak, baik pada sepak bola maupun semua cabang olahraga di Kabupaten Ciamis.

    Kontributor: @rizkiewww
    Editor: @ciamismanis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi