• FYI

    27 Februari 2024

    Kisah Agus Usman, Anak Petani dari Ciamis yang Raih Doktor Ilmu Manajemen dengan Predikat Cumlaude


    Apresiasi dan pujian terhadap Kabupaten Ciamis yang termasuk terkemuka dalam hal pendidikannya, ternyata bukan isapan jempol semata. Terbukti, banyak kisah sukses warga Ciamis yang berhasil meraih jenjang pendidikan tertinggi, bahkan meski berasal dari latar belakang orang tua dari kalangan kebanyakan atau biasa-biasa saja.

    Kisah pencapaian Dr. Agus Usman, S.P., M.M., CRMO., CRP., adalah salah satu di antaranya. Pria kelahiran 1982 yang akrab dipanggil Agus ini dilahirkan sebagai anak petani bersahaja di Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Meskipun ia berasal dari desa yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Ciamis, tetapi semangatnya untuk memperoleh pendidikan terbaik tak pernah surut atau terhentikan.

    Usai menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di madrasah, Agus melanjutkan menuntut ilmu di sekolah menengah kejuruan pertanian di Tasikmalaya. Setelah itu, ia berhasil menembus saringan pendidikan tinggi negeri dan melanjutkan belajar di jurusan manajemen agribisnis Institut Pertanian Bogor.

    Setelah berhasil meraih gelar sarjana pertanian dari IPB pada tahun 2007, ia memulai karir dengan bekerja pada salah satu perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berlokasi di Kalimantan Timur. Selanjutnya, ia kembali ke Jakarta dan bekerja di berbagai perusahaan swasta.


    Namun, kesibukan bekerja tak pernah menyurutkan keinginannya untuk terus menuntut ilmu. Tak puas meraih gelar sarjana (S1), Agus melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Mercu Buana Jakarta, dan berhasil lulus tepat waktu dengan predikat cumlaude pada tahun 2017.

    Di sela-sela kesibukannya bekerja sebagai praktisi pada salah satu anak usaha BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan bandara, awal tahun 2021 Agus melanjutkan pendidikannya dengan mengambil program S3. Gelar doktor ilmu manajemen diraihnya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran pada 31 Januari 2024 dengan predikat cumlaude. Ia juga tercatat sebagai lulusan tercepat di angkatannya, dengan masa pendidikan 6 semester.


    Tak hanya giat dan tekun dalam belajar, Agus juga punya hasrat kuat untuk membagikan ilmu yang telah diraihnya. Selain sibuk bekerja, ia aktif mengajar sebagai dosen tidak tetap di beberapa perguruan tinggi swasta di Jakarta.

    Namun kesuksesan dalam meniti karir dan pencapaian dalam dunia akademik belum sepenuhnya memuaskan dahaga Sang Doktor dalam menebar kebermanfaatan yang seluas-luasnya. Ia masih memendam obsesi yang ingin direalisasikan di masa depan.

    “Saya punya mimpi, suatu saat bisa mendirikan yayasan yang dapat membantu petani di desa dalam berwirausaha, sehingga lebih sejahtera dari hasil menjual komoditas pertanian yang dihasilkannya,” tuturnya.

    Kisah perjuangan Dr. Agus Usman, S.P., M.M., CRMO., CRP., dalam meraih pendidikan tinggi, meski berasal dari desa dan memiliki latar belakang keluarga petani yang bersahaja, dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak muda Tatar Galuh Ciamis. Jangan pernah menyerah untuk terus belajar sampai ke jenjang pendidikan tinggi, dan meskipun tak selalu mudah, tetapi meraih kesuksesan bukanlah hal yang yang mustahil untuk didapatkan.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi