• FYI

    10 Februari 2024

    Respon Cepat, UPTD DPUPR Ciamis Langsung Tutup Lubang Berbahaya di Jalur Alternatif Panawangan-Rajadesa


    Pemkab Ciamis melalui UPTD DPUPRP Wilayah Panawangan bergerak cepat merespon info kerusakan jalan yang disampaikan warga. Lubang berbahaya yang terletak di ruas jalan alternatif Panawangan-Rajadesa, Rajadesa-Ciburuy, ini sudah mendapat perbaikan hanya dalam waktu sehari sejak diberitakan.

    Sebelumnya, pada hari Kamis (8/2/2024) pagi, info tentang keberadaan lubang tersebut dipublikasikan oleh CIAMIS.info berdasarkan laporan dari warga pengguna yang biasa melewati jalur jalan alternatif tersebut.

    Lubang yang dikeluhkan warga terletak pada jalur penting penghubung Rajadesa-Ciburuy, atau Panawangan-Rajadesa/Bisoro, dan cukup sering digunakan warga. Karena dianggap berbahaya, para pengendara sepeda motor sempat diimbau untuk berhati-hati, sebab kondisi jalan menurun dan relatif sempit. Dikhawatirkan, jika pengendara sepeda motor sedang melintas dengan kecepatan cukup tinggi dan kaget saat melihat lubang tersebut, lalu berusaha menghindarkan diri, malah bisa mengalami kecelakaan.

    "Sering terjadi pengendara motor yang masuk lobang itu dan dia ngebanting ke arah kiri, dan pernah ada yang sampai ban depannya masuk ke selokan," ujar Alan, salah satu pengguna jalan, kepada CIAMIS.info.


    Info tersebut dengan cepat mendapat tanggapan dari pihak UPTD PUPRP Ciamis Wilayah Panawangan pada hari Kamis (9/2/2024) itu juga. Pihak UPTD berjanji akan segera mengecek kondisi jalan rusak di lapangan dan sekaligus memperbaikinya. Sebagai bagian dari upaya cepat perbaikan, pihak UPTD meminta pemerintah setempat, baik RT, lurah, ekbang, atau kades, berkenan mengajukan usul perbaikan secara formal ke Kantor UPTD PUPRP Ciamis Wilayah Panawangan yang terletak di depan Pom Bensin Panawangan, atau sebelah SMPN 1 Panawangan.

    Tak butuh waktu lama, pada hari Jumat (9/2/2024) atau sehari sesudah laporan masuk, perbaikan jalan langsung dilakukan oleh para petugas UPTD PUPRP Ciamis Wilayah Panawangan. Penutupan lubang dilaksanakan pada pukul 19.00-11.40 WIB, dan sesudah dilakukan perbaikan tersebut jalan menjadi lebih aman untuk dilalui para pengendara.

    Perbaikan ini segera mendapat tanggapan positif dari para warga, mengingat jalur tersebut merupakan jalan pintas dari arah Panawangan ke Rancah-Cisaga dan sebaliknya. Terdapat warga yang sigap mengunggah foto hasil perbaikan jalan ini melalui media sosial disertai ucapan terima kasih sebagai apresiasi atas kerja pihak terkait.

    Sementara itu, pihak UPTD DPUPRP Wilayah Panawangan juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian warga terhadap kondisi prasarana transportasi di wilayah ini. Pihak UPTD menyadari terkadang terdapat keterbatasan masukan informasi mengenai kondisi jalan, di antaranya karena cukup luasnya wilayah. Karenanya, berita yang disampaikan warga menjadi sangat berharga.

    Kontributor: @alan_pr0ject, @dsyayu.m
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi