• FYI

    21 April 2024

    Sambut Baik Ekspor Olahan Pisang Sukasenang, KADIN Ciamis Terus Dorong Kualitas dan Daya Saing Produk Lokal


    KADIN Ciamis menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya keberhasilan produk lokal dalam menembus pasar nasional, terlebih lagi internasional. Hal tersebut merupakan kesuksesan yang patut dijadikan inspirasi dan motivasi bagi para pengusaha Tatar Galuh Ciamis, terutama UMKM yang terus berjuang meningkatkan laju bisnisnya.

    Salah satu yang dapat dijadikan contoh kegigihan pengusaha lokal dalam menembus pasar yang lebih luas dalam penjualan hasil produknya, adalah produsen olahan pisang Sukasenang yang telah berhasil mengirim ke berbagai negara.

    Pemilik usaha olahan pisang Sukasenang, Anggi, yang juga merupakan salah seorang anggota KADIN Ciamis, telah berhasil mengirim hasil produksinya ke beberapa negara. Usaha yang pernah dikenal dengan ‘Sale SBY’-nya ini berdomisili di Kampung Karanglayung, Desa/Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Hasil produknya berupa sale dan keripik pisang dengan berbagai jenis olahan dan varian rasa.

    Tak hanya berhasil memperluas jaringan pemasaran, olahan pisang Sukasenang pernah mendapatkan penghargaan Upakarti atas jasa kepeloporan dan diserahkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

    “Penjualan ekspor ini sudah terjadi beberapa kali, ada yang ke Kamboja, Malaysia, Kanada, dan Brunei Darussalam,” tutur Anggi pada saat pelepasan pengiriman produk menuju Kamboja, Selasa (20/2/2024).


    Keberhasilan olahan pisang Sukasenang menembus pasar ekspor patut diapresiasi dan dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM Tatar Galuh, khususnya yang bergerak dalam produksi olahan makanan berbahan baku lokal.

    Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa kemampuan pengusaha lokal Ciamis dalam menembus pasar global, baik kualitas produk maupun daya saingnya, tidak kelah dengan pemain dari daerah dan bahkan negara lain.

    Menanggapi keberhasilan ini, Ketua KADIN Ciamis, Hary Adam, S.E., menyambut baik dan berharap ke depannya semakin banyak pengusaha lokal Ciamis yang mampu menembus pasar regional maupun global.

    “Target dan harapan kami adalah minimal produk makanan olahan dari Ciamis bisa menjual ekspor dan bersaing dengan negara-negara lain,” tegasnya.

    Pihaknya berharap KADIN Ciamis dapat berperan dalam mendorong daya saing pengusaha lokal untuk mewujudkan harapan tersebut di masa mendatang.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi