• FYI

    19 April 2024

    Mengintip Keseruan 'Ngobyag Lauk', Tradisi Tahunan Warga Cihaurbeuti saat Lebaran


    Beragam kegiatan dilakukan oleh warga Tatar Galuh Ciamis dalam rangka menyambut dan memeriahkan suasana Idul Fitri 1445 H, di luar kegiatan ibadah seperti takbiran di masjid-masjid maupun salat id. Tak hanya takbir keliling, berziarah ke makam leluhur, atau bersilaturahmi dengan berkeliling rumah saudara, warga di berbagai lokasi juga memiliki tradisi unik untuk meramaikan suasana lebaran.

    Hari Minggu (14/4/2024), masyarakat Dusun Nanggerang, Desa Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan tradisi tahunan ‘ngobyag lauk’ yang sudah menjadi tradisi tahunan. Kegiatan ini diikuti warga dewasa hingga anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

    Sesuai dengan namanya, ‘ngobyag lauk’ berarti menangkap ikan di kolam dengan tangan kosong, yang menjadi keseruan tersendiri dan mengundang antusiasme seluruh warga untuk ikut serta ataupun sekadar menyaksikannya. Selain itu, diadakan pula lomba hiburan untuk menambah keseruan suasana yang hanya sekali setahun ditemukan ini, seperti lomba meniti bambu di atas kolam, dengan berbagai hadiah yang disediakan untuk para pemenang.


    Namun, tak hanya menangkap ikan yang berarti basah-basahan untuk para pesertanya, kegiatan ini juga mencakup halal bihalal, serta penyerahan santunan untuk anak yatim dan mereka yang membutuhkan.

    Hiburan ala warga ini diselenggarakan oleh PENA (Pemuda Nanggerang), komunitas kaum muda dari warga setempat dan ditujukan untuk menjaga tali persaudaraan di antara warga. Terlebih, momen lebaran merupakan kesempatan kembalinya para warga yang sehari-hari ada di perantauan.

    “Kami bangga punya tradisi lebaran di Ciamis. Kegiatan ini dalam rangka melestarikan kebersamaan kami dengan para perantau yang pulang kampung di momen lebaran,” tutur Andi Nata Kusumah, warga setempat.

    Sebagaimana di Dusun Nanggerang, Cihaeurbeuti, ragam kegiatan lainnya juga berlangsung di berbagai tempat di wilayah Kabupaten Ciamis, dalam rangka menyemarakkan suasana Idul Fitri. Tak hanya berupa halal bihalal dengan turut menyajikan hiburan, sajian kuliner, maupun lomba-lomba sederhana, ada pula yang menyelenggarakan hiburan berupa laga tanding olahraga atau pentas musik yang lebih serius penyelenggaraannya.

    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi