• FYI

    28 April 2024

    Sempat Bikin Tanda Tanya Besar, Akhirnya di Alun-Alun Ciamis Jadi Digelar Nobar!


    Euforia terjadi seusai kemenangan dramatis Timnas Indonesia atas Korea Selatan lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 11-10 pada laga perempat final Piala Asia AFC U-23 2024, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB, bertempat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

    Rasa bangga dan gembira segera menyebar di seluruh pelosok tanah air, tercermin dalam berbagai pemberitaan, baik nasional maupun lokal, tak terkecuali di Tatar Galuh Ciamis. Terlebih, jumlah penyuka olahraga sepakbola di Kabupaten Ciamis juga terbilang sangat banyak dan cukup fanatik.

    Kemenangan ini membuka jalan Timnas Indonesia U-23 melaju ke semifinal, sekaligus menjadi harapan besar untuk membawa Sang Merah Putih tampil pada pentas olimpiade. Jika melihat kondisi masyarakat yang baru saja melewati fase penuh ‘kehangatan’ pada masa pemilu yang baru saja lewat, kemenangan timnas juga segera diartikan sebagai momen pemersatu dan penghibur hati masyarakat yang sudah jenuh dengan pertentangan akibat perbedaan pilihan.

    Tak heran, usulan untuk mengadakan acara nonton bareng (nobar) di kota Ciamis segera menguat disuarakan oleh warga Tatar Galuh. Jumat (26/4/2024) pukul 6.25 WIB, CIAMIS.info mulai menerbitkan pertanyaan jajak pendapat pada warganet, apakah perlu diadakan nobar dengan videotron atau layar besar di pusat kota Ciamis, sebagaimana viral diselenggarakan di beberapa kota, seperti Solo dan Purwokerto.

    Sebagaimana diduga, pada hasil akhir penghitungan, mayoritas peserta jajak pendapat menunjukkan persetujuannya (75% atau 6.744 suara), sementara 17% lainnya (17% atau 1.509 suara) tidak setuju, dan sisanya (8% atau 683 suara) memilih abstain. Tentu saja voting online ini berpotensi tidak akurat, karena ada kemungkinan warganet yang menggunakan beberapa akun yang berbeda.

    Namun demikian, usulan untuk mengadakan nobar tidak terbendung, terus berdatangan melalui kotak pesan. CIAMIS.info kembali menyuarakan melalui postingan feed pada Jumat (26/4/2924) pukul 21.41 WIB, waktu yang sebenarnya sudah cukup malam untuk meraih view yang banyak. Nyatanya, postingan ini kemudian mendapatkan tanggapan ‘meriah’ dari warganet, disukai lebih dari 5.000 warganet dan hampir 500 komentar.

    Kesimpulannya, warga sangat berharap Pemkab Ciamis mengabulkan keinginan masyarakat untuk nonton bareng laga timnas yang akan berlangsung pada hari Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB. Bukan sekadar ingin sama seperti di kota-kota lain yang mengadakan nobar, tetapi momen ini adalah hiburan gratis bagi masyarakat yang sekaligus dapat mempertebal rasa nasionalisme. Di lain pihak, jika ini terselenggara, maka side effect-nya dapat berupa bergeraknya roda ekonomi masyarakat, berupa bergairahnya para pelaku UMKM dalam memanfaatkan kesempatan dengan berjualan.

    Gayung bersambut, pada Sabtu (27/4/2024) akun Pemkab Ciamis akhirnya me-mention CIAMIS.info, mengajak menyiarkan pengumuman akan diadakannya nobar timnas bertempat di Alun-alun Ciamis. Sayang sekali, saat diminta file posternya, ternyata postingan tersebut tiba-tiba menghilang. Berdasarkan pengalaman, pencabutan konten seperti itu dapat diduga karena ada masalah pada isinya. Timbul kekhawatiran bahwa ada kendala untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, padahal warganet sebagian sudah tahu dan bergembira. Sebagian akun bahkan sudah cepat-cepat memasang poster tersebut pada postingannya.


    Malam hari itu juga, masuk info dari sumber lain bahwa terdapat masalah terkait hak siar pertandingan tersebut, bahkan terdapat ancaman bagi penyelenggaraan kegiatan semacam nobar atau bahkan publikasi ‘tanpa izin’. Tentu saja, kabar ini sangat menyesakkan dada, jika mengingat antusiasme warga Ciamis yang sangat tinggi untuk mengikuti nobar timnas. Harapannya hanya pada, “sedang diusahakan untuk berkomunikasi dengan pihak pemegang hak siar”. Kepastian nobar untuk sementara menjadi tanda tanya besar.

    Kabar baik itu akhirnya datang pada Minggu (28/4/2024) siang melalui sumber-sumber yang dapat dipercaya. Permasalahan hak siar sudah clear dan penyelenggaraan nobar akan digelar sesuai rencana. Perbedaan kecil pada poster publikasi event ini adalah semua logo dinas dan instansi, baik di dalam maupun luar lingkup pemerintahan, yang asalnya tercantum kini menghilang. Belakangan diketahui, pihak pemegang hak siar pada klarifikasinya menyebut mempersilakan penyelenggaraan semua event nobar, dengan syarat non-komersial (tidak berbayar) dan tidak mencantumkan logo atau nama yang mengambil keuntungan dari penyelenggaraan nobar tersebut.


    Info ini sungguh melegakan bagi para pecinta sepak bola di Tatar Galuh. Terlebih, dikabarkan bahwa acara nobar timnas ini akan dihadiri oleh Pj. Bupati Ciamis Engkus Sutisna, S.T., M.T., yang baru saja menjabat, dan dua tokoh Ciamis, yakni Dr. H. Herdiat Sunarya (mantan bupati) dan H. Yana D. Putra (mantan wakil Bupati).

    Bagaimana keseruan nobar di Alun-alun Ciamis nanti? Pemkab Ciamis mewanti-wanti agar semua pengunjung menjaga ketertiban dan kebersihan pada saat mengikuti event istimewa ini. Meski membebaskan warga untuk membawa teman atau saudara sebanyak-banyaknya, potensi sampah yang akan muncul dari ramainya pengunjung patut menjadi perhatian bersama. Terlebih Kabupaten Ciamis baru saja meraih Adipura Kencana yang menjadi kebanggaan sekaligus tanggung jawab bersama.

    Banyak pihak berharap cuaca juga kondusif pada saat pelaksanaannya. Akankah Anda hadir, lur?

    Tim Admin CIAMIS.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi