• FYI

    30 April 2024

    Terdampak Pergerakan Tanah, Belasan KK Warga Sukamaju Cihaurbeuti Mengungsi ke Lokasi Aman


    Pergerakan tanah kembali terjadi di wilayah Dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Menurut laporan yang dirilis oleh pihak BPBD Ciamis, bencana alam ini mulai berlangsung pada hari Senin (29/4/2024) kemarin.

    Sebelumnya pergerakan tanah pernah terjadi di daerah ini, yakni di sebelah atas permukiman atau area lahan sawah dan kebun milik warga. Menurut hasil pemantauan di lapangan, pergerakan tanah di lokasi ini masih aktif hingga saat ini.

    Hal ini juga terkait dengan keberadaan saluran irigasi yang terdampak dan masih difungsikan, sehingga menambah potensi pergerakan tanah di wilayah tersebut.


    Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sebanyak 13 KK atau 44 jiwa pada hari Senin (29/4/2024) sore, sekitar pukul 17.00 WIB, mengungsi sementara ke lokasi yang dinilai lebih aman. Sejumlah 8 KK atau 23 jiwa di antaranya mengungsi ke musala setempat, sementara 8 KK atau 23 jiwa lainnya berada di rumah kerabat terdekat.

    Mereka yang memutuskan mengungsi sementara waktu tersebut merupakan sebagian dari total keseluruhan 32 KK atau 93 jiwa warga RT 05 RW 02 Dusun Sukamaju yang terancam oleh bencana pergerakan tanah ini.

    BPBD Kabupaten Ciamis telah melakukan penanganan kejadian ini, dengan berkoordinasi bersama aparat pemerintahan setempat dan dinas/instansi terkait lainnya.

    Minggu (30/4/2024) sore, pihak BPBD Ciamis telah mendistibusikan logistik berupa masing-masing 22 paket sembako, selimut, dan matras untuk para pengungsi. Menurut info terakhir, terdapat 13 KK atau 44 jiwa yang masih mengungsi di lokasi tersebut.

    Source: Pusdalops BPBD Ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi