• FYI

    23 Mei 2024

    Petugas Gabungan Berhasil Evakuasi Jenazah Korban Tersengat Listrik di Cikoneng Ciamis


    Petugas gabungan berhasil mengevakuasi korban kecelakaan kerja di atap gudang Naratas yang berlokasi di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, tepatnya di Dusun Desa Kulon RT 08 RW 03, Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, pada Kamis (23/05/2024).

    Para personel tim evakuasi yang berasal dari BPBD Ciamis, Damkar Ciamis, didukung petugas dari PLN, TNI-Polri dan tim kesehatan, melakukan penurunan korban yang tersengat aliran listrik saat melakukan perbaikan saluran air di atap gudang tersebut. Korban berhasil dibawa ke bawah, tetapi nahas sudah dalam keadaan meninggal dunia.

    Korban bernama Maman Rustaman (56), merupakan buruh bangunan yang berasal dari lingkungan Karanggedang RT 03 RW 08, Kelurahan Linggasari, Ciamis. Diduga, saat ia melakukan perbaikan saluran air pada sekitar pukul 09.00 WIB pagi, seng yang sedang diangkatnya secara tidak sengaja menyentuh kabel PLN sehingga seketika dirinya tersengat dan terbakar, hingga meninggal dunia seketika.

    Kejadian tragis ini menggegerkan warga sekitar dan para pengguna jalan yang sedang melewati kawasan Cimari yang merupakan jalur ramai Ciamis-Tasikmalaya. Detik-detik aliran listrik tegangan tinggi menyengat dan membakar tubuh korban sempat diabadikan warga yang berada di sekitar lokasi. Dokumentasi tersebut diimbau untuk tidak disebarluaskan lebih lanjut untuk alasan kemanusiaan dan empati untuk keluarga korban.

    Selama berlangsungnya penanganan kejadian, cukup banyak warga pelintas melaporkan terjadinya kemacetan di jalur Ciamis-Tasikmalaya. Proses evakuasi dan banyaknya warga yang berhenti untuk menyaksikan kejadian ini telah menyebabkan tersendatnya arus lalu lintas pada jalur nasional tersebut. Kemacetan lalu lintas sempat terjadi dari mulai wilayah Cimari sampai Margaluyu, dan baru mencair perlahan setelah selesainya proses evakuasi korban.


    Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani S.T., M.Si., mengonfirmasi bahwa pihaknya telah merespon permintaan untuk melakukan evakuasi terhadap orang tersengat aliran listrik yang berlokasi di (gudang) Naratas Desa Cimari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, dengan mengirim 7 orang petugas. Para petugas tersebut bekerja sama dengan tim Damkar Ciamis untuk melakukan penurunan jenazah korban untuk selanjutnya dilaksanakan penanganan lebih lanjut.

    Source: @bpbd_ciamis, @cikonenginfo
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi