• FYI

    16 Mei 2024

    Serahkan Bantuan di 2 Desa Terdampak Bencana Pergerakan Tanah, Pj Bupati Ciamis Ajak Berintrospeksi dan Evaluasi Diri


    Dua desa yang terdampak bencana alam pergerakan tanah, yakni Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, dikunjungi oleh Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna, S.T., M.T., pada hari Kamis (16/5/2024).

    Pj Bupati Ciamis menyambangi kedua wilayah yang terdampak bencana tersebut dengan didampingi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Ciamis, di antaranya Dandim Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, S.Sos., S.H., M.Han., Kepala Kejari Ciamis Dra. Hj. Soimah, dan perwakilan dari Polres Ciamis.

    Turut hadir pula para pejabat dari dinas/instansi terkait lainnya, di antaranya Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani, S.T., M.T., perwakilan dari Baznas, Tagana, dan unsur-unsur lainnya.

    Menurut rilis yang disampaikan Pemkab Ciamis, terdapat 43 KK dari dua dusun, yakni Dusun Wanasari dan Dusun Cihideung, yang menjadi korban terdampak bencana di wilayah Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih.

    Sementara itu, terdapat 9 KK atau 18 orang warga yang juga menjadi korban terdampak bencana di wilayah Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, dan masih berada di tempat pengungsian.

    Pj Bupati Ciamis menyampaikan rasa duka dan keprihatinan yang mendalam atas terjadinya bencana, dan menyerahkan berbagai bantuan kemanusiaan bagi para korban terdampak bencana di kedua lokasi yang dikunjunginya. Bantuan yang bersumber dari Baznas Ciamis tersebut di antaranya terdiri atas uang kadeudeuh, tenda, terpal, dan bantuan lainnya.

    "Kita harus merenung atas (terjadinya) bencana ini, sebagai tanda bahwa kita telah melupakan perintah pencipta kita," ucap Pj Bupati.

    Dengan adanya musibah ini, Pj Bupati mengajak semua pihak untuk berintrospeksi dan memperbaiki hubungan dengan Sang Maha Pencipta. Munculnya bencana, menurutnya, harus disikapi dengan mengambilnya sebagai peringatan dini untuk mendorong peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

    Di sisi lain, munculnya bencana ini menurut Pj Bupati juga merupakan saat yang tepat untuk melakukan evaluasi diri, terutama berkaitan dengan sikap manusia terhadap alam dan lingkungan.

    Terkait dampak bencana yang muncul pada warga Ciamis, Pj Bupati menegaskan bahwa pemerintah akan terus bekerja untuk mengatasi hal tersebut.

    "Pemerintah tidak akan tinggal diam dan akan terus berupaya untuk meringankan beban masyarakat," ucapnya.

    Source: @prokopim.ciamis, @bpbd_ciamis
    Editor: @ciamisnulis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi