• Cekidot

    Suara Hati dari Nagarajati

    "Welcome to Nagarajati." Ungkapan penyambutan tamu itu menjadi terasa sebagai ironi. Pemandangan yang nampak adalah Jalan Cigerang, jalur terparah pada terusan Nagarapageuh - Nagarajati - Natanagara sampai ke Jagabaya, Panawangan. Kondisinya konon sudah lama berlangsung.

    "Setahu saya itu sudah sepuluh tahun belum ada perubahan," ungkap Aries Supriatna salah seorang warga pengguna yang -mau tak mau- terpaksa melintasinya.

    Keadaan ini, ironisnya, sangat berbeda dengan fasilitas jalan yang cukup baik dan memadai di Desa Cantilan, bagian dari kecamatan tetangga yang termasuk  wilayah kabupaten Kuningan. Tak heran, banyak warga Ciamis di sekitar wilayah tersebut memilih pergi ke wilayah Kuningan untuk keperluan sekolah, perbankan, belanja dan lainnya.

    Kondisi jalan yang buruk, apalagi jika sedang turun hujan, membuat para netizen warga satempat mempertanyakan perhatian dari pihak-pihak berwenang. Kabar mengenai aspirasi yang konon sudah sampai dan diterima oleh dewan, belum juga ditindaklanjuti secepatnya. Di lain pihak, keterbatasan kemampuan, anggaran dan sumber daya, lazimnya menjadi penghambat pengentasan minimnya sarana transportasi rakyat.

    Semoga infrastruktur transportasi di seluruh wilayah Ciamis semakin membaik pada masa mendatang, dengan melibatkan seluruh komponen pemangku kebijakan, pelaksana program dan seluruh lapisan masyarakat.

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi