• Cekidot

    Setelah Lihat Foto 12 Lemon Ini, Erin Sadar Terkena Kanker Payudara!

    CIAMIS.info - Sebuah foto yang menunjukkan selusin buah lemon dengan kondisi ‘tidak biasa’ telah menjadi viral di dunia maya beberapa saat yang lalu. Gambar 12 buah lemon di dalam tray kemasan khusus yang sudah terbuka tersebut dirancang oleh Corrine Ellsworth Beaumont, pendiri lembaga amal Worldwide Breast Cancer, dan ditujukan sebagai bagian dari kampanye untuk menumbuhkan kesadaran tentang bahaya kanker payudara.

    Meski gambar selusin lemon tersebut sudah beberapa waktu ditayangkan oleh laman lembaga amal Worlwide Breast Cancer, viralnya sendiri terjadi setelah ditampilkan oleh seorang netizen bernama Erin Smith Chieze dari San Diego, Amerika Serikat. Foto tersebut, sebagaimana dikutip Daily Mail, telah dilihat oleh tiga juta orang dan dibagikan ulang lebih dari 30.000 kali.


    Erin sebelumnya merasa frustrasi oleh kampanye Facebook yang meminta para penggunanya untuk menyematkan gambar hati di dinding akun mereka sebagai wujud ikut berperan serta dalam usaha meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara. Alih-alih mengunggah gambar hati, ia memilih memasang gambar ‘kampanye lemon’ yang ia dapatkan dari laman Worldwide Breast Cancer.

    Foto unik 12 lemon tersebut menunjukkan ilustrasi gejala-gejala yang berbeda dari kanker payudara, sehingga seseorang dapat mengamati dan waspada dengan kondisi kesehatannya dengan segera. Penggambaran 12 gejala penyakit berbahaya tersebut terlihat sederhana, menarik perhatian dan mengena dalam menyampaikan pesan yang dikampanyekannya. Secara cepat, seorang perempuan yang mengamati foto tersebut dapat menerapkannya untuk melakukan semacam pemeriksaan awal secara mandiri.

    Baca: 12 Tanda Gejala Kanker Payudara Versi Foto Lemon

    Hal itu pula yang berlaku pada diri Erin, sang pengunggah foto viral tersebut. “Di bulan Desember 2015, ketika saya melihat lekukan yang tampak seperti pada salah satu gambar, saya langsung tahu kalau saya terkena kanker payudara. Saya mencoba untuk merasakan tumornya, tetapi tidak teraba,” ungkapnya. Dalam pemeriksaan lebih lanjut, Erin didiagnosa terkena kanker payudara lima hari kemudian, dan mengetahui sudah sampai pada stadium 4 pada bulan berikutnya.

    Ia mengajak netizen berbagi informasi dengan gambar ilustrasi yang tepat dan mengena. Baginya, memasang gambar hati tak akan membawa pengaruh apa-apa. Pesan Erin sepatutnya bergema dan membawa pencerahan di tengah merajalelanya info sumir dan hoax di berbagai saluran data. Publik memang membutuhkan informasi yang nyata dan efektif dalam kampanye mewaspadai kanker payudara.(*yzk)

    No comments:

    Sejarah

    Inspirasi

    Fiksi