• FYI

    16 Juli 2017

    Saroja Ciamis, Camilan Tradisi Lama yang Tetap Istimewa


    Saroja merupakan salah satu kuliner khas yang ‘muncul dalam jumlah massif’ dan ikut menyemarakkan saat-saat istimewa bagi warga Ciamis dan sekitarnya, atau di wilayah Jawa Barat umumnya. Makanan camilan ini setia hadir di hari raya, misalnya. Tentu saja, karena tak selalu tersedia di setiap hari biasa, maka keberadaannya menjadi kerinduan tersendiri bagi yang menyukainya.

    Boleh dikatakan pula camilan tradisional ini menjadi salah satu makanan yang selalu disebut oleh warga perantau asal Ciamis jika ditanyakan tentang nama makanan khas di kampung halamannya, di samping kuliner Ciamis lainnya, di antaranya rangginang, wajit, opak dan seterusnya.

    Meski kini sudah banyak camilan moderen yang tersedia, sebagian masyarakat Ciamis tetap setia menyajikan saroja renyah dalam toples untuk menyambut tamu-tamunya.

    Saroja yang memiliki bentuk dan rasa khas, sehari-hari dapat pula dijadikan camilan teman ngopi atau minum teh manis. Makanan ini cukup tahan lama jika diolah dan disimpan dengan baik.

    Cara pembuatan saroja dapat dicari dengan mudah di Internet, di masa kekinian yang makin canggih ini. Salah satu resep yang ditampilkan oleh resepchef.com adalah sebagai berikut:

    Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri atas 1 kg tepung beras, 1/4 kg tepung sagu, dan 1 sdm air kapur sirih.

    Haluskan bumbu-bumbu berikut ini terlebih dahulu, yakni ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

    Cara pembuatannya adalah sebagai berikut. Campurkan bumbu ke dalam tepung, lalu tambahkan air. Adonan tersebut lantas diaduk terus sampai tercampur. Tambahkan lagi air hingga encer. Panaskan minyak, simpan cetakan ke dalam minyak panas. Setelah cetakan panas, celupkan ke dalam adonan yang sudah encer tadi, lalu celupkan ke dalam minyak yang panas tadi. Setelah itu dikocok-kocok supaya adonan lepas dari cetakan. Setelah lepas biarkan kering dulu, baru diangkat dan ditiriskan.

    Tertarik mencoba? Resep sederhana tadi semoga memberi inspirasi para wargi Ciamis untuk menghadirkan kembali kuliner khas kampung halaman. Jika Anda punya tambahan tips atau variasi resep saroja lain, silakan untuk memberi komentar. Resep ini juga silakan dibagikan jika dirasa bermanfaat untuk teman-teman atau sahabat sekalian.

    Penulis: @ciamisnulis
    Editor:@ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi