• FYI

    06 Agustus 2019

    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya: Ayo Silaturahmi dan Optimalkan Potensi Kopi!

    Kegiatan penting bagi dunia perkopian Ciamis, berupa panen raya dan sarasehan kopi berlangsung hari ini, Selasa (6/8/2019), bertempat di Blok Pangkalan, Dusun Ciuncal, Desa/Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

    Kegiatan yang diawali dengan panen kopi tersebut dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya beserta jajaran Forkompinda, para pejabat dari instansi dan lembaga terkait, serta tamu undangan lainnya.

    Ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis Ir. Hj. Kustini, M.P., dalam laporannya menyebut kopi Ciamis memiliki cita rasa khas, tetapi produksinya masih memerlukan peningkatan dalam berbagai hal.

    “Cara pemetikan kopi harus diperhatikan, banyak petani belum melaksanakan pemangkasan kopi secara benar, serangan hama belum terkendali, (sehingga) nilai tambah dan daya saing rendah,” ungkap Kadis.

    Kondisi tersebut, lanjutnya, membutuhkan sinergi berbagai pihak terkait. Pihaknya juga mengundang pihak Perhutani dalam forum sarasehan untuk membincangkan sinergitas program, peluang usaha dan luas lahan kopi di kawasan yang dikelola Perhutani.

    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengajak semua pihak meningkatkan silaturahmi, berdialog dan bekerjasama mengoptimalkan produksi kopi.

    “Saya berkeinginan kuantitas produksi kopi di Kabupaten Ciamis dapat mencapai 720 ton per tahun,” ungkap Bupati di hadapan sekitar 200-an orang peserta kegiatan.

    Ia mengajak seluruh pihak memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi kopi untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Upaya tersebut membutuhkan pembahasan dan masukan dari peserta sarasehan.

    Bupati Ciamis, selepas membuka secara resmi kegiatan panen raya dan sarasehan, pada kesempatan tersebut juga menyerahkan 1 unit mesin heuler kopi bagi Kelompok Tani Kopi Sukamantri ‘Sinar Pagi’.

    Editor: Yuska Sadewata
    Sumber: Diskominfo Kabupaten Ciamis

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi