• FYI

    22 Oktober 2019

    Atasi Kekurangan Air Bersih, Warga Lembur Girang Pasang Saluran Pipa


    Oleh: Aji Azkia F., Kontributor CIAMIS.info.

    Dampak musim kemarau yang panjang telah terjadi di berbagai tempat di wilayah Kabupaten Ciamis. Kondisi tersebut tak hanya menyebabkan banyak lahan pertanian mengalami kekeringan, tetapi juga menimbulkan kesulitan pasokan air bersih bagi beberapa daerah.

    Salah satunya, terjadi di Kampung Lembur Girang, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Kemarau yang telah menginjak waktu hampir setengah tahun lamanya, mengakibatkan kekeringan dan krisis air bersih.

    Masyarakat kampung Lembur Girang sebagaimana lazimnya di tempat lain memang membutuhkan sekali air bersih yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian, membersihkan piring dan alat-alat dapur, maupun tentu saja untuk mandi dan kebutuhan lainnya.

    Kemarau panjang telah menyebabkan sumur-sumur warga surut, bahkan ada yang sampai kering samasekali. Hal ini membuat warga masyarakat Lembur Girang resah karena tidak ada pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari.

    Tak ingin menggantungkan diri pada bantuan dari luar maupun menunggu kondisi lebih memprihatinkan, warga setempat berinisiatif mencari solusi sendiri atas permasalahan tersebut.


    Menurut penelusuran, masyarakat Lembur Girang berusaha mengatasi masalah kekeringan ini dengan membuat saluran air yang sumbernya diambil dari salah satu sumber air di daerah Cigorowong. Sumber air tersebut berjarak sekitar 600 meter dari lingkungan penduduk.

    Pembuatan saluran dengan pipa tersebut memberi manfaat nyata, karena warga kampung Lembur Girang tidak lagi harus jauh-jauh mengambil air bersih ke sumbernya langsung. Kini pipa saluran air sudah sampai ke lingkungan warga.

    Hanya saja, warga harus mengambil air bersih tersebut ke lokasi ujung pipa yang terletak tepat di tengah-tengah pemukiman. Hal tersebut dimaksudkan agar warga yang letaknya jauh dapat mengambil dengan lebih dekat dan mudah. Inisiatif secara mandiri ini, meski sederhana tetapi setidaknya dapat mengatasi masalah kurangnya air bersih untuk penduduk kampung.

    "Dengan saluran air ini, kami merasa lebih mudah untuk mendapatkan air bersih," tutur salah satu warga.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi