• FYI

    25 Oktober 2019

    Koin Dinar Kuno Ini Terjual Senilai 67 Milyar Rupiah!


    Sebuah koin emas kuno langka yang berasal dari zaman kekhalifahan Bani Umayyah penerus Nabi Muhammad SAW, terjual dengan harga 3,72 juta poundsterling (67 milyar rupiah) pada pelelangan di Balai Lelang Morton & Eden, London, Inggris. Demikian dilansir Daily Mail (23/10/2019) pada laman situsnya.

    Koin dinar berusia 1200 tahun tersebut diduga dibuat dari bahan emas yang ditambang di sebelah barat laut kota Mekkah, Saudi Arabia.

    Harga yang dicapai pada pelelangan menjadikannya sebagai koin Islam paling berharga di dunia. Koin yang berasal dari sekitar tahun 105 Hijriah atau 723 Masehi tersebut memiliki beberapa hiasan lafazh Islam dan tulisan 'Tambang Amirul Mukminin'.


    Koin tersebut pada awalnya ditawarkan seharga 1,6 juta poundsterling (29 milyar rupiah), tetapi ternyata menarik perhatian banyak pihak. Koin milik seorang kolektor anonim ini akhirnya terjual seharga 3,1 juta poundsterling (56 milyar rupiah).

    Sang Pembeli yang juga tak ingin menyebutkan namanya (anonim) melakukan penawaran lewat telepon, dan setelah ditambah biaya lainnya, ia harus menebus koin tersebut dengan harga 3,72 juta poundsterling.

    Koin jenis ini diperkirakan hanya ada sekitar selusin saja jumlahnya, menjadi koleksi pribadi atau museum besar dunia.


    Spesialis koin Morton & Eden Stephen Lloyd berkomentar, "Koin ini luar biasa. Bukan saja karena tetap terjaga dengan kondisi yang indah serta kelangkaannya menakjubkan, tetapi juga merupakan dokumen sejarah yang penting."

    Rekor dunia koin termahal adalah senilai 7,7 juta poundsterling atau 139 milyar rupiah untuk 'Dolar Rambut Berombak' (berangka tahun 1794) yang dijual di AS pada tahun 2013.

    Sumber: Daily Mail
    Editor: Yuska

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi