• FYI

    27 Desember 2019

    Diduga Tak Kuat Menahan Beban, Truk Bermuatan Bambu Terguling di Dusun Kondang


    Warga sekitar Dusun Kondang, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, dikejutkan oleh kejadian tergulingnya sebuah truk pengangkut barang pada hari Kamis (26/12/2019) sekitar pukul 17.30 WIB. Truk yang memuat bambu dalam jumlah banyak tersebut diduga tidak kuat menahan beban, sementara jalur jalan Kawali-Cirebon yang dilewatinya cukup menanjak dan berbelok.

    Truk bermaksud membelok ke arah kiri di lokasi tempat terjadinya insiden tersebut. Diketahui, ukuran truk yang cukup besar lazimnya membuat sopir terbiasa mengambil posisi ke arah kanan terlebih dahulu (mengambil ruas jalan berlawanan arah) sebelum kemudian membelok ke arah kiri.

    Nasib nahas, malang tak dapat ditolak, truk tersebut malah terguling ke arah kanan dan terhenti di lokasi. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa, sopir dan kernetnya selamat dalam kejadian ini.

    “Lokasinya memang menanjak dan berbelok, cukup rawan bagi truk bermuatan berat,” tutur Farhan, warga setempat kepada CIAMIS.info.


    Truk yang terguling akhirnya dapat dievakuasi pada sekitar pukul 20.00 WIB dengan bantuan warga dan diderek mobil truk lain. Pemuda dusun membantu menurunkan muatan lebih dahulu agar tidak jatuh dan mengatur lalu lintas jalan selama evakuasi.

    Farhan mengungkapkan, kejadian serupa pernah berlangsung beberapa waktu sebelumnya. Penelusuran CIAMIS.info, pada tanggal 17 November 2019 sebuah truk bermuatan kerupuk mentah mengalami patah as pada saat menikung, diduga tak kuat menahan beban, dan terhenti dengan posisi melintang mulai pukul 01.30 WIB dinihari hingga pagi hari. Kejadian ini membuat kemacetan panjang selama berjam-jam.

    Mobil pengangkut beban yang melintas di jalur Kawali-Cirebon, terutama di wilayah Dusun Kondang, diharapkan selalu berhati-hati dan menghindarkan diri dari membawa muatan berlebih yang mengundang risiko kecelakaan.

    Foto: @farhanz_al_ikhsani
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi