• FYI

    06 Februari 2020

    Ayo, Saatnya Berburu Sensasi Kuliner Durian Benteng!


    Berkunjung ke Ciamis memang kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner khas wilayah ini. Nah, Anda para pecinta durian, ini saat yang tepat untuk beraksi, sebab musim panen ‘kadu benteng’ sudah mulai. Saat musim durian tiba, para pedagang musiman akan terlihat di sepanjang Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di wilayah Kelurahan Benteng. Lokasi ini tak jauh dari pusat kota, dapat dicapai dalam waktu beberapa menit saja.

    Kelurahan Benteng memang dikenal sebagai sentra durian di Ciamis. Hampir setiap rumah di daerah tersebut, terutama di kawasan Bangunsari, memiliki pohon durian. Keberadaan durian benteng juga sudah terangkat oleh media berita, sehingga makin dikenal luas. Tak heran, nama yang melekat kemudian adalah 'kadu benteng' atau 'durian benteng'.

    Jenis yang sangat digemari sebenarnya memiliki nama sendiri, yakni 'durian serendet' yang memiliki karakter buah lebih kecil dibanding durian lain di Indonesia, tetapi rasanya sangat enak, gurih dan daging buahnya tebal. Kekhasan ini membuat para penggemar ‘kadu benteng’ datang tak hanya dari Ciamis, melainkan dari luar kota juga. Umumnya, musim durian dari kawasan ini akan habis diserap pasar lokal Ciamis saja, sehingga para penggemar memang harus 'berburu' langsung ke lokasi tersebut.


    Mardi Achmad, misalnya, sengaja mengajak istri dan dua buah hatinya ke lokasi penjual 'kadu benteng' untuk menikmati buah yang tergolong kuat harumnya tersebut. Mencicipi 'kadu benteng' adalah momen yang sangat istimewa, sebab tidak terjadi setiap saat, hanya pada waktu tertentu saja.

    Ateng, salah seorang pedagang durian, memilih lokasi berjualan di pertigaan Jalan Awilega, Benteng, tepatnya di tanjakan sesudah kantor Dishub Ciamis. Ia yang dibantu putranya, Amar, merupakan salah satu pedagang yang memanfaatkan momen panen durian untuk memperoleh pendapatan. Harga durian yang ditawarkannya, mulai dari Rp. 15.000/butir ke atas, tergantung kondisi barang.

    “Kadang buka jam setengah sembilan pagi, tutup jam sembilan malam,” tutur Amar kepada CIAMIS.info. Ia menuturkan, waktu berjualan ‘kadu benteng’ akan sangat tergantung dari ketersediaan barang.


    Disebutkannya pula, panen durian dapat diperoleh setahun sekali, tetapi juga dapat terjadi hanya dua tahun sekali. Hal tersebut membuat ‘musim jualan’ ayahnya menjadi tidak pasti. Namun demikian, musim panen durian kali ini mendatangkan harapan bagi Amar dan ayahnya, serta para penjual ‘kadu benteng’ lainnya.

    Yuk, sempatkan mampir ke lokasi penjual di sepanjang Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Benteng, Ciamis. Rasakan sensasi rasa durian yang nikmat menggoyang lidah Anda, langsung di lokasi yang berdekatan dengan ratusan pohon durian berada, alias 'makan kadu benteng di Benteng'.

    Anda yang penasaran atau ingin langsung memesan, dapat pula menghubungi terlebih dahulu Amar melalui telepon atau whatsapp di nomor 082129467198.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi