• FYI

    13 April 2020

    Dandim Ciamis: Kami Siap Dukung Aksi Kepedulian bagi Sesama


    Tak dapat dipungkiri, merebaknya wabah COVID-19 di dunia telah membawa pengaruh dan akibat yang luar biasa pada kehidupan umat manusia. Tak terkecuali di Indonesia, dampaknya kini makin terasa.

    Bukan hanya memberi akibat terhadap kualitas kesehatan masyarakat, pengaruh di bidang sosial ekonomi pun kian terasa dari hari ke hari. Beberapa pelaku usaha di wilayah Ciamis kepada CIAMIS.info mengakui bahwa omset penjualannya mengalami penurunan. Salah satu penyebab utamanya adalah berkurangnya mobilitas manusia, sehingga transaksi pun cenderung menurun.

    Di sisi lain, akibat yang paling berat sebenarnya dirasakan oleh kalangan paling bawah dalam struktur sosial masyarakat. Sebagian dari para pekerja informal, misalnya. Tak sedikit dari mereka yang amat bergantung pada pekerjaan hariannya, mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan. Padahal, mereka tidak berhitung besar kecil laba, melainkan mencukupi kebutuhan primer keluarga saja. Tak mendapat penghasilan harian, maka keluarga pun terancam tak makan pada akhirnya.

    Kondisi ini amat memprihatinkan dan memerlukan perhatian dari semua pihak. Tak dapat hanya menggantungkan pada kehadiran pemerintah, perlu kepedulian bersama. Kini, berbagai elemen masyarakat mulai menunjukkan aksi nyata keberpihakan.

    Kepedulian dan bantuan dari Dandim 0613 Ciamis Letkol Tri Arto Subagio M.Int.Rel., MMDS, dan Kapolres Ciamis AKBP Doni Eka Putra S.IK., MH, kepada masyarakat kurang mampu patut diberi apresiasi semua pihak. Kegiatan ini sepatutnya menjadi inspirasi dan menjadi pemicu gerak langkah yang serupa.


    Dikutip dari rilis Waterpas Pendim Ciamis, pada Selasa (07/04/2020), kedua tokoh tersebut melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian beras kepada masyarakat kurang mampu yang terdiri atas para tukang becak, juru parkir dan pengemudi ojeg pangkalan. Kegiatan berupa pemberian sembako beras tersebut dilaksanakan bertempat di pangkalan ojeg Gayam dan pangkalan becak depan Yogya Dept Store Ciamis.

    Secara khusus, Dandim Ciamis Letkol Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., MMDS, kepada CIAMIS.info menyatakan bahwa Kodim Ciamis siap mendukung aksi kepedulian bagi sesama.

    “Kami siap mendukung secara teknis jika ada elemen masyarakat yang akan melakukan aksi kepedulian dan bantuan bagi kalangan kurang mampu,” tuturnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi