• FYI

    30 Mei 2020

    Diduga karena Rem Bermasalah, Truk Pengangkut Pasir Terguling di Cipaku


    Kejadian kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi pada hari Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 18.30 WIB, di daerah Cipaku, tepatnya di Dusun Desa, Desa Cipaku, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Sebuah truk pengangkut pasir terguling dan masuk ke dalam saluran got setelah tak sanggup menaiki sebuah tanjakan.

    Truk bernomor polisi Z 9073 TB milik Toko Material Permatasari tersebut sedang berada dalam perjalanan mengangkut pasir untuk bahan bangunan dari arah Buniseuri menuju ke Dusun Cipaku Girang. Setiba di lokasi, setelah melewati jembatan, truk berusaha melewati tanjakan, tetapi kehilangan tenaga dan tak sanggup naik lagi menanjak.

    Setelah mengeluarkan bunyi raungan mesin cukup keras, truk tersebut berbalik mundur dan selanjutnya meluncur cukup kencang, diduga karena putus rem. Tak ayal, bagian belakang truk kemudian menghantam pembatas got dan kemudian kendaraan tersebut terguling ke sebelah kiri jalan. Truk terhenti dalam posisi terguling di dalam got.


    Beruntung, pada saat kejadian tidak ada kendaraan lain atau manusia di belakang truk, sehingga tidak ada korban akibat mundurnya kendaraan berisi pasir tersebut. Pengemudi truk dilaporkan mengalami luka ringan, sementara kernet sepenuhnya selamat.

    Sementara itu, kondisi truk tersebut mengalami kerusakan cukup parah, terutama bagian kaca yang pecah dan terdapat kerusakan akibat benturan. Namun demikian, kerusakan tersebut terbilang ringan jika dibandingkan risiko kalau truk melaju dan menuju bagian kanan jalan.

    Jembatan yang baru saja dilewati truk merupakan penghubung jalan yang berada di atas sungai yang memiliki air terjun di sisi kanannya. Got tempat kendaraan tersebut terguling terhubung dengan sungai di bawah jembatan.

    “Jika truk tidak terperosok ke got di sebelah kiri dan malah ke kanan, akibatnya akan jauh lebih fatal, karena jurangnya lebih dalam dan langsung masuk ke sungai,” tutur Ilham, warga setempat.


    Proses evakuasi truk tersebut dilakukan dengan bantuan sebuah mobil derek dan memerlukan waktu serta kesabaran. Disaksikan masyarakat yang datang beramai-ramai menonton, akhirnya truk pengangkut pasir tersebut dapat dinaikkan lagi ke badan jalan pada Sabtu siang (30/5/2020) pada sekitar pukul 12.00 WIB.

    Kontributor: Ilham Ramadhan
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi