• FYI

    16 Juli 2020

    Forkopimda Kabupaten Ciamis Hadiri Panen Raya KWT Mekar Mandiri di Cipaku



    Para anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) Mekar Mandiri di Desa Cieurih, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, untuk pertama kalinya mendapat kunjungan dari tiga orang pimpinan daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (15 Juli 2020).

    Ketiganya yakni Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Dandim 0613/Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio, M.Int.Rel., M.M.D.S., dan Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., yang mengikuti secara langsung pelaksanaan 'Panen dan Tanam Palawija dalam rangka Ketahanan Pangan Sinergitas TNI, Polri dan Pemda' di area lahan yang dikelola oleh KWT tersebut.

    Ketiga anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Ciamis ikut turun langsung ke lahan garapan dalam proses panen dan tanam.

    Camat Cipaku Yayan mengungkapkan rasa terima kasih dalam sambutannya. “Ini suatu kebanggaan bagi kami, sebab baru pertama kali ini di Cipaku, khususnya di lokasi lahan KWT Mekar Mandiri, penanaman dan panen dihadiri oleh Forkopimda,” ujarnya.

    Menurutnya, kehadiran para pemimpin daerah di Cipaku merupakan sebuah kebanggaan dan menjadi catatan tersendiri bagi masyarakat setempat.



    Mengenai KWT Mekar Mandiri, Yayan menjelaskan bahwa keberadaannya sudah cukup lama. Lahan pertanian yang digarap merupakan milik desa yang pemanfaatannya diserahkan pada kelompok tani tersebut. KWT Mekar Mandiri menanam palawija dan bahan pangan lainnya sesuai dengan arahan program dari Bupati Ciamis untuk meningkatkan ketahanan pangan dan jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan di masa pandemi COVID-19.

    “Kami di Cipaku ini selalu berkeliling ke desa-desa, mengimbau agar masyarakat melaksanakan ketahanan pangan dengan menanam palawija yang cepat panen. Itu salah satu perintah Bupati kepada kami, Camat yang ada dilapangan," tandasnya.

    Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dalam sambutannya menyebutkan visi misi Kabupaten Ciamis adalah meningkatkan kemandirian masyarakat, sejahtera untuk semua. Komitmen Kepala Daerah untuk 5 tahun ke depan adalah bagaimana meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis.

    "Ciamis adalah kabupaten agraris. Mayoritas penduduknya adalah petani. Oleh karena itu sektor pertanian menjadi salah satu tulang punggung penopang dari visi misi Kabupaten Ciamis tadi, mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua,” ungkap Wakil Bupati.

    Sumber: Pendim 0613/Ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi