• FYI

    05 Agustus 2020

    Bersihkan Bahu Jalan Perbatasan, DPRKLH Angkut Puluhan Kubik Sampah di Hutan Pinus Jahim Sukamantri



    Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis hari ini Rabu (5/8/2020) melaksanakan pembersihan sampah di kawasan perbatasan Ciamis-Majalengka, tepatnya di bahu jalan hutan pinus Jahim, Kecamatan Sukamantri.

    Kegiatan yang berlangsung dari pukul 9.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB tersebut dipimpin langsung Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPRKLH Kabupaten Ciamis, Giyatno.

    Sebanyak 35 orang petugas dan 10 unit armada truk sampah ikut terlibat dalam pembersihan kawasan yang sering dikunjungi para wisatawan lokal, terutama kaum milenial ini.

    Keindahan hutan pinus Jahim sudah cukup lama dikenal di kalangan masyarakat, terutama sejak keindahannya viral di dunia maya. Tak terhitung postingan warganet yang menunjukkan keindahan lokasi tersebut, terutama karena rindangnya hutan pinus yang juga terkadang diselimuti oleh kabut.

    Ramainya pengunjung dan posisi hutan Jahim yang berada di perbatasan dua kabupaten ternyata diikuti oleh banyaknya sampah di pinggir jalan. Kumpulan sampah tersebut diduga merupakan akumulasi dari hasil buangan para pengunjung atau pelintas yang tak bertanggung-jawab.

    Tak kurang 50 meter kubik sampah berhasil dibersihkan dan diangkut dari lokasi tersebut oleh para petugas DPRKLH Kabupaten Ciamis dalam kegiatan hari ini.

    “Pembersihan terutama dilakukan pada selokan di pinggir tebing dan di bahu jalan perbatasan Ciamis-Majalengka ini,” tutur Giyatno.



    Pihaknya berharap masyarakat semakin sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghindarkan perilaku membuang sampah sembarangan.

    Keberadaan sampah di lokasi-lokasi yang ramai menjadi kunjungan wisata sudah sejak lama menjadi keluhan masyarakat. Akumulasi sampah di berbagai lokasi wisata telah menjadi sampah visual yang tak hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga berpotensi menyebabkan pencemaran atau kerusakan alam.

    Bertumpuknya sampah secara perlahan akan mengurangi keindahan lokasi wisata dan menurunkan jumlah kunjungan. Di sisi lain, posisi hutan Jahim Sukamantri yang persis berada di perbatasan dengan kabupaten lain juga memiliki posisi strategis sebagai wajah Kabupaten Ciamis paling depan. Selayaknya kebersihan perbatasan dijaga dan dipelihara bersama agar memberi kesan yang baik bagi para pelintas yang memasuki wilayah Kabupaten Ciamis.

    Kontributor: @een.jaelani
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi