• FYI

    30 Agustus 2020

    Kwarcab Ciamis Gelar Inaugurasi dan Upgrading Pramuka Garuda Tahun 2020


    Seiring berjalannya AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) atau ‘new normal’ di Kabupaten Ciamis, berbagai kegiatan mulai menggeliat lagi, tak terkecuali di bidang kepramukaan. Tak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 cukup berpengaruh pada pelaksanaan berbagai agenda pramuka di Tatar Galuh.

    Hari Sabtu (29/8/2020), Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Inaugurasi dan Upgrading Pramuka Garuda 2020. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dasa Darma Kwarcab Ciamis, Jl. A. Yani No. 134 Kertasari, Ciamis.

    Inaugurasi dan Upgrading Pramuka Garuda Kwarcab Ciamis dimaksudkan sebagai pengukuhan para anggota yang baru mencapai tingkatan tertinggi sebagai pramuka garuda dan juga peningkatan kapasitas bagi para anggota yang sudah lebih dulu mencapai tingkatan tersebut.

    Kegiatan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Pelaksanaannya tetap mengacu pada protoko kesehatan, para peserta pun menggunakan masker seperti yang ditetapkan.

    Inaugurasi dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang Ciamis Bidang Pembinaan Anggota, Hj. Elis Darliah, M.Pd.I., didampingi oleh wakil ketua lainnya. Selanjutnya, para anggota pramuka yang telah memenuhi kriteria dan ditetapkan menjadi pramuka garuda dikukuhkan oleh pengurus Kwarcab Ciamis. Terhitung sebanyak 75 pramuka garuda baru menjalani inaugurasi tersebut, yang dilaksanakan dengan pelantikan dan penyematan lencana.


    Sebagai informasi, tidak semua anggota pramuka dapat meraih posisi tertinggi di dalam golongannya, baik siaga, penggalang, penegak dan pandega. Seorang anggota pramuka yang sudah meraih tingkatan akhir dalam golongan kepramukaannya, dapat mengajukan diri untuk mencapai level pramuka garuda jika memenuhi berbagai persyaratan.

    Pengajuan tersebut akan memperoleh evaluasi dari segi kelayakan, baik mentalitas maupun persyaratannya. Kwartir akan melakukan pengujian tersebih dahulu agar para kandidat yang dikukuhkan menjadi pramuka garuda adalah mereka yang benar-benar layak dan cakap sebagai pramuka terbaik dari gudepnya masing-masing.

    Setelah penyematan, keseluruhan 114 orang pramuka garuda, baik yang baru maupun senior, mendapatkan materi inspirasi dan motivasi dari trainer Jhon Muhammad Husein, pendiri JTC (Journal Training Center) sekaligus penulis beberapa buku, dengan tema “Pramuka Garuda sebagai Penyelamat Generasi Bangsa”.

    Pemilihan tema pembekalan tersebut kembali meneguhkan ‘positioning’ pramuka garuda di Kabupaten Ciamis, maupun di mana saja, agar mampu menjadi motor penggerak kepeloporan pramuka, sebagai bagian dari generasi muda, di dalam ikut membangun bangsa dan negara.

    Kontributor: @ciamismenulis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi