• FYI

    28 Agustus 2020

    Menengok Curug Panganten, Alternatif Wisata Alam di Cikupa Banjaranyar


    Kecamatan Banjaranyar merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis yang berusia masih relatif muda, terbentuk secara resmi pada 8 Februari 2016 sebagai pemekaran dari Kecamatan Banjarsari berdasarkan PP 11 tahun 2015. Hingga kini, masih ada saja masyarakat Ciamis sendiri yang bertanya di mana lokasi kecamatan ini.

    Kecamatan Banjaranyar memiliki potensi sumber daya alam yang sangat berlimpah. Tak hanya hasil buminya yang punya nilai ekonomis tinggi, keindahan alamnya pun sangat potensial sebagai tujuan wisata baru yang layak dikembangkan.

    Beberapa potensi wisata alam yang sudah cukup ramai dikunjungi yakni Pemandian Cipanas, Goa Biuk dan Goa Wayang. Saat ini, berbagai potensi lain juga mulai muncul ke permukaan, seperti Curug Gumawang, Kampung Madu, Curug Bunton dan lain-lainnya.

    Tak heran, kunjungan masyarakat ke lokasi-lokasi wisata di Kecamatan Banjaranyar sekarang mulai meningkat. Heti dan kawan-kawan, misalnya. Para mahasiswi STAI Putra Galuh Ciamis tersebut sengaja menyambangi Curug Panganten di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar.

    Benar, Curug Panganten ternyata bukan hanya ada satu lokasi di Kabupaten Ciamis. Beberapa waktu terakhir, orang mengenal Curug Panganten di Sadananya yang viral di media. Sedangkan obyek wisata Curug Panganten yang ini terletak lebih kurang 300 meter dari Pemandian Cipanas Cikupa Banjaranyar yang sudah lebih dulu terkenal.

    Sayangnya, Heti dan kawan-kawannya berkunjung pada saat musim kemarau, sehingga Curug Panganten yang indah ini tampak sedang surut airnya. Meski demikian, kunjungan ini tetap dirasa menyenangkan, ada spot berfoto dengan latar batuan alami yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih, terdapat lokasi-lokasi lainnya yang dapat dinikmati dalam sekali kunjungan. Sepanjang jalan ke lokasi, para pengunjung juga dapat menikmati suguhan keindahan alam pedesaan yang menyegarkan.

    Heti mengapresiasi kondisi jalan yang kini sudah mendapatkan perbaikan. “Akses jalan menuju ke sana bisa ditempuh dari arah Banjarsari, dulu akes jalan menuju kesana rusak parah, berlubang-lubang dan ekstrem. Akan tetapi alhamdulillah berkat perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah, sekarang jalannya mulus kok,” ungkapnya kepada CIAMIS.info.

    Curug Panganten Banjaranyar dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam dari kota Ciamis, atau sekitar 30 menit dari jalur utama Jalan Ciamis-Pangandaran via Cikohkol. Tujuan lokasi wisata lokal ini masih membutuhkan sentuhan dan pengelolaan agar dapat menjadi destinasi wisata lokal yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

    Kontributor: @hetinur931
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi