• FYI

    25 Agustus 2020

    Masyarakat Hujungtiwu Sambut Meriah Karnaval Milad HIMMAH


    Masyarakat Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, menyambut meriah pelaksanaan karnaval yang digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Milad HIMMAH (Himpunan Masyarakat Hujungtiwu) yang ke-53 pada hari Minggu (23/8/2020).

    Riuh sambutan masyarakat Hujungtiwu terdengar di sepanjang jalan raya Hujungtiwu-Sukamantri sejak pagi hari. Tak hanya dari Hujungtiwu, hadir juga pengunjung dari luar daerah yang turut menyaksikan karnaval tersebut.

    Karnaval digelar sebagai penyambutan pada para mantan pemain Persib Bandung yang tergabung dalam Tim Sepidermain dan akan bertanding dengan tim Persatuan Olahraga Sinar Kencana (PORSIKEN) FC. Match tersebut diadakan khusus dalam rangka memeriahkan Milad HIMMAH tahun ini.

    Karnaval Milad HIMMAH ke-53 diselenggarakan di sepanjang Jalan Raya Hujungtiwu, dimulai dari Cicanong sampai ke Alun-alun Hujungtiwu. Arak-arakan tersebut dimeriahkan oleh berbagai kesenian khas Hujungtiwu, seperti Dogdog, Jujungkungan dan Tim Perkusi.

    Turut pula memeriahkan karnaval, tim kesenian dari luar daerah, seperti Kesenian Kuda Bajir dari Dusun Neglasari, serta kesenian ikonik khas Kabupaten Ciamis yaitu Bebegig Sukamantri yang berasal dari berbagai tim, di antaranya Bebegig Baladewa, Bebegig Brajagati dan Bebegig dari Dusun Hujungtiwu 1, 2 dan 3.


    Ketua HIMMAH H.Yanyan Sopyan menyatakan bahwa perayaan milad tahun ini merupakan bukti bahwa himpunan tersebut siap mengabdi pada Hujungtiwu.

    “Milad HIMMAH kali ini mengusung tema ‘Ngabdi Ngabakti ka Lemah Cai’, ini sebagai bukti nyata bahwa HIMMAH siap mengabdi kepada lembur tercinta. Dengan demikian, harapan kami HIMMAH nangtung Hujungtiwu nanjung, HIMMAH ngadeg Hujungtiwu ajeg,” ungkapnya.

    Ditambahkannya, digelarnya laga sepakbola persahabatan antara Persib Old Star dengan PORSIKEN FC secara tidak langsung menghidupkan ekonomi kerakyatan. Ia mencontohkan, salah satunya berupa pemasukan dari uang karcis parkir kendaraan yang dikelola langsung oleh masyarakat yang ada di sekitar, yaitu di wilayah Dusun Sindangkerta, Dusun Neglasari dan Dusun Selaawi.

    “Dengan adanya Milad ini, diharapkan eksistensi serta kerja nyata HIMMAH dapat lebih meningkat lagi,” imbuhnya.

    Sebelumnya, pada Sabtu malam (22/8/2020) telah dilaksanakan kegiatan Tasyakuran yang berisi pembacaan Maulid Nabi dan Mahalul Qiyam, serta doa bersama yang kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda simbolis perayaan Milad HIMMAH. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh masyarakat Hujungtiwu dan dilaksanakan dari mulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

    Kontributor: Wildan Taufiqurrahman
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi