• FYI

    19 Agustus 2020

    Menyatu dengan Alam, Moka Wisata Supercamp digelar di Puncak Jamiaki


    Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang biasanya diwarnai dengan berbagai kemeriahan di setiap daerah, tahun ini memang terasa sangat berbeda. Dampak pandemi COVID-19 di Indonesia masih terus berlanjut dan membatasi berbagai aktivitas warga.

    Angka konfirmasi positif COVID-19 yang masih terus bertambah, meski telah memasuki masa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), menjadi pertimbangan untuk mengendalikan penyebaran virus pembawa penyakit tersebut melalui penetapan berbagai kebijakan. Dalam keadaan ini, merayakan momen detik-detik proklamasi di era New Normal, pada momen 75 tahun Indonesia Merdeka, menjadi moment baru yang bersejarah.

    Generasi muda Tatar Galuh melalui Yayasan Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis sebagai duta pariwisata daerah pada hari Minggu, 16 Agustus 2020 sampai dengan Senin, 17 Agustus 2020 mengadakan kegiatan ‘Moka Wisata Supercamp 2020’. Kegiatan ini berlangsung di Puncak Jamiaki, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, dengan mengusung tema “Bangun Kebersamaan dengan Semangat Kemerdekaan”. Tema utama kegiatan ini adalah sadar wisata, sadar lingkungan dan cinta tanah air.

    ‘Moka Wisata Supercamp’ mengangkat tema sadar wisata, dimaksudkan agar di dalam kegiatan ini para duta pariwisata daerah harus mampu mengenal dan bersilaturahmi secara langsung dengan pengelola wisata yang ada di Kabupten Ciamis dan mampu mempromosikan wisata tersebut.

    Tema sadar lingkungan dimaksudkan agar kegiatan ini menyatu dengan alam. Moka Ciamis sebagai generasi muda yang peka terhadap keadaan alam saat ini harus mampu memberikan kontribusi dalam melestarikan alam. Sementara, tema cinta tanah air diambil menjadi bagian yang tak kalah penting dalam kegiatan Moka Wisata Supercamp 2020 ini, karena bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2020 yang ke-75.

    “Hal yang sangat berkesan dalam kegiatan ini selain keindahan puncak Jamiaki adalah keramahan yang dihadirkan pengelola wisata Puncak Jamiaki, pemerintah Dusun Pangligaran, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan dan masyarakat sekitar yang sangat baik dalam menerima kami,” ungkap Iman selaku Ketua Pelaksana Moka Wisata Supercamp.

    “Terima kasih kepada Mojang dan Jajaka Kabupaten Ciamis yang telah bersedia bersilaturahmi dan menyelenggarakan upacara peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-75 di Puncak Jamiaki. Ini akan menjadi sejarah bagi kami selaku sesepuh Dusun Pangligaran. Harapannya, wisata alam Puncak Jamiaki semakin maju dan dikenal di kancah nasional dan internasional,” ungkap Lurah Dusun Pangligaran sebagai inspektur upacara.

    Tiga agenda kegiatan utama dalam ‘Moka Wisata Supercamp’ telah dilaksanakan dengan baik sambil tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19, yakni tetap rajin mencuci tangan dengan sabun, penggunaan hand sanitizer dan menggunakan masker atau faceshield.

    Usai upacara peringatan Hari Kemerdakaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari pihak Yayasan Paguyuban Mojang Jakaka Kabupaten Ciamis kepada pengelola wisata Puncak Jamiaki dan Dusun Pangligaran. Pemberian bibit pohon diterima secara langsung oleh sesepuh Dusun Pangligaran.

    Penulis: Pratomo, Jajaka Kabupaten Ciamis
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi