• FYI

    19 Agustus 2020

    Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan, Warga Margasari Lakukan Pengecoran Masjid Ad-Dahlan


    Salah satu modal non fisik yang sangat berharga di dalam pembangunan desa adalah budaya gotong-royong yang masih terpelihara dengan baik sejak jaman dulu kala. Hal ini masih sangat kentara tercermin di dalam berbagai kegiatan pembangunan di desa-desa, yang sebagian besar disokong oleh kekompakan warga.

    Kegiatan warga masyarakat Kampung Margasari ini, misalnya. Warga bergotong-royong melaksanakan pembangunan mesjid Ad-Dahlan yang berlokasi tepatnya di Dusun Limus RT 05 RW 07, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam suasana menjelang detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan

    Kegiatan mengecor lantai masjid Ad-Dahlan dilaksanakan pada hari Minggu, 16 Agustus 2020, dari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB. Pembuatan campuran material pembentuk beton dilakukan dengan menggunakan mesin molen atau mixer cor, sementara distribusi adukan dilakukan secara manual dengan memanfaatkan jumlah tenaga manusia yang tersedia.

    Cara ini meskipun sangat sederhana dan padat karya, tetapi menciptakan suasana kerja sama dan kekeluargaan yang menjadi ciri khas kehidupan pedesaan. Tak jarang keakraban muncul dengan spontanitas candaan di antara warga.

    Tak kurang dari 150 orang warga ikut andil di dalam membantu melaksanakan pengecoran Masjid Ad-Dahlan tersebut. Tua muda bersatu dengan niat dan tujuan yang sama. Turut bergabung dalam kerja bakti ini beberapa aparat desa yang salah satunya merupakan Sekretaris Desa Sukajadi.

    Pengecoran ini merupakan revitalisasi masjid yang telah ada, dengan tujuan menciptakan rasa yang lebih nyaman dan khusu saat beribadah. Bangunan lama dirasakan sudah waktunya mendapatkan perbaikan dan peningkatan untuk memenuhi kebutuhan warga setempat. Bangungan masjid yang lebih representatif juga diharapkan bisa digunakan untuk kepentingan keagamaan lainnya.

    Pembangunan akan diteruskan sesuai rencana yang telah disiapkan oleh panitia dan sesuai kemampuan serta sumber daya yang tersedia. Pelaksanaan dan pembiayaannya didukung penuh oleh swadaya warga, bantuan berbagai pihak, maupun para donatur yang mewakafkan dana atau material sebagai dukungan nyata.

    Kontributor: Rudy Herdiansyah
    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi