• FYI

    15 Desember 2020

    MI Andalan Ciamis Raih Penghargaan Lingkungan Hidup Raksa Prasada 2020


    Dra Hj. Ipah Hamidah, Kepala MI Andalan Ciamis, tak dapat menyembunyikan rona wajah bahagianya. Melalui unggahan di media sosial, ia menunjukkan suasana pembagian penghargaan di bidang lingkungan hidup Raksa Prasada 2020 yang diterima sekolah yang dipimpinnya.

    “Alhamdulillah wasyukrulillah wanikmatillah. Proses tidak akan mengkhianati hasil,” tulisnya.

    MI Andalan Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Raksa Prasada 2020 pada kategori SBL (Sekolah Berbudaya Lingkungan) atau Adiwiyata bersama SDN Rosela Indah 2 Kabupaten Subang, SMPN 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat, MTSN 3 Kabupaten Garut, SMAN 1 Cariu Kabupaten Bogor, SMKN 1 Susukan Kabupaten Cirebon dan MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya.

    Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, pada hari Selasa (8/12/2020) dengan tetap menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

    Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengapresiasi sekolah yang peduli pada lingkungan hidup dan peran pentingnya dalam melaksanakan pendidikan lingkungan pada masyarakat melalui perubahann pola pikir.

    "Tugas terberat adalah mengubah pola pikir yang hadirnya di sekolah. Itulah pentingnya Adiwiyata ini melalui Raksa Prasada sebagai payung dari semua penghargaan tentang pentingnya pendidikan lingkungan kepada masyarakat. Jadi saya sangat mengapresiasi," kata Kang Emil, dikutip CIAMIS.info dari laman resmi Pemprov Jabar, jabarpov.go.id.

    Kang Emil mengajak semua sekolah di Jabar yang masih dinilai kurang baik dalam pengelolaan lingkungan untuk menjadi lebih baik. Ia pun meminta Dinas Pendidikan (Disdik) terkait untuk mengirim surat peringatan kepada sekolah yang kurang peduli terhadap lingkungan.

    "Jadi yang baik diumumkan, yang kurang baik juga harus disurati diingatkan supaya ada motivasi atau ada sanksi administratif," ucapnya.

    Kang Emil berharap, jumlah penerima penghargaan sekolah terbaik lingkungan pada tahun depan bertambah.

    "Tahun depan saya minta jumlah penerima harus meningkat. Diberi reward dan punishment supaya ada rasa semangat dan terus jadikan lingkungan hidup sebagai simbol keberhasilan Jabar dalam menjaga keseimbangan," katanya.

    Selain MI Andalan, Pemerintah Kabupaten Ciamis juga menerima penghargaan pada kategori Kabupaten/Kota Peduli Lingkungan Hidup di Sekolah, bersama Pemkot Bandung, Pemkab Bandung, Pemkab Bogor, Pemkab Indramayu dan Pemkab Cirebon.

    Tak hanya itu, pada kategori Peraih ProKlim Utama di Wilayah Kabupaten/ Kota di Jabar, kembali Pemkab Ciamis menjadi salah satu penerima penghargaan bersama Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung.

    Mengutip HR Online, terdapat 3 lokasi yang meraih penghargaan ProKlim tahun 2020 di Kabupeten Ciamis, yaitu Dusun Pasirtamiang Tonggoh, Desa Pasirtamiang, Dusun Antralina, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, dan Dusun Pasir Peuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis.

    Editor: @ciamis.info

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Sejarah

    Fiksi

    Inspirasi